Wujudkan Tol Laut di Pelabuhan Batulicin, Dishub Kalsel Lobi Pemerintah Pusat

0

PROGRAM tol laut yang menjadi andalan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan dilanjutkan di periode kedua. Saat ini, berdasar data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), baru Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang masuk jalur tol laut.

SEDANGKAN di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, telah ada di Samarinda dan Tarakan. Nah, DPRD dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan tengah melobi Kemenhub agar Pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu masuk dalam jalur tol laut.

Program pengangkutan logistik yang dihubungi dengan armada kapal ini diakui Kepala Dishub Kalimantan Selatan, Rusdiansyah tengah diusulkan ke pemerintah pusat.

Dalam video yang diunggah HM Rosehan Noor Bachri di kanal Youtube, usai berdiskusi dengan pejabat Kemenhub di Jakartra, Rusdiansyah mengungkapkan adanya permintaan jalur tol laut menyentuh Pelabuhan Batulicin.

“Hal ini sesuai keinginan dari Gubernur Kalsel (Sahbirin Noor), jika memungkinkan program tol laut bisa diarahkan pula ke Pelabuhan Batulicin,” ucap Rusdiansyah.

Dengan adanya tol laut di Pelabuhan Batulicin, Rusdiansyah berharap bisa menggerakan roda perekonomian, karena volume armada kapal yang bersandar di pelabuhan itu akan bertambah.

“Kapal-kapal yang datang dari daerah lain bisa bersandar ke Pelabuhan Batulicin. Dengan adanya lintasan kapal bebas hambatan, barang-barang yang diangkut melalui kontainer bisa merapat ke Pelabuhan Batulicin. Selanjutnya, kapal-kapal ini pulangnya membawa barang dari Kalsel, seperti batubara, karet, arang dan produk lainnya,” tutur mantan Kepala Dishub Kota Banjarmasin.

BACA : Tol Laut Diusulkan Menyentuh Kotabaru Dan Tanah Bumbu

Ia menegaskan jika program tol laut ini bisa terwujud di Pelabuhan Batulicin, maka harga barang akan lebih murah karena ongkos pengangkutan mendapat subsidi dari pemerintah pusat.

“Ini tujuan kita agar Pelabuhan Batulicin masuk dalam program tol laut di pemerintahan Jokowi kedua ini, sehingga harga barang sama dengan Jakarta atau Surabaya. Ini tentu berdampak bagi perekonomian daerah,” tutur Rusdiansyah.

BACA JUGA : Berusia 14 Tahun, Ambapers Menuju Pengelola Tol Sungai Profesional

Sementara itu, Kemenhub sendiri sudah membangun pelabuhan baru di Kalsel tepatnya di Pelabuhan Pelaihari di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Dermaga yang dibangun sangat lebar dengan bentang 1,8 kilometer serta fasilitas baru yang akan dikelola Unit Pelaksanaan Pelabuhan (UPP) Kintap, Kemenhub. Pelabuhan Pelaihari ini rencananya akan diresmikan pada Juni 2020 untuk sandar tongkang-tongkang besar dan kapal kontainer kering.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.