Virus Corona, Jangan Panik Tapi Tetap Waspada

0

DINAS Kesehatan Kalsel sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dan kewaspadaan terkait kasus virus Corona yang berasal dari Wuhan, China.

KEPALA Dinas Kesehatan Kalsel M Muslim mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait serta bersiaga, terutama di pintu-pintu masuk ke Kalsel. “termasuk di bandara dan pelabuhan-pelabuhan,” katanya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan di kabupaten dan kota se-Kalsel dan instansi terkait untuk menyiapkan segala sesuatu dalam upaya pencegahan virus tersebut.

“Kami juga selalu menyampaikan kepada masyarakat terkait upaya-upaya pencegahan. Kami minta masyarakat jangan terlalu panik. Terpenting, kita tetap waspada,” ujarnya.

BACA : Ketua Dewan: Dinkes Harus Cermati-Antisipasi Virus Corona

Menurutnya, pola hidup bersih harus disosialisasikan kepada masyarakat. “Cuci tangan sebelum makan, khususnya hindari makan daging yang kurang atau tidak masak,” katanya.

Virus yang dikenal juga sebagai 2019-nCoV merupakan famili dengan virus MERS dan SARS, tetapi virus carona dipahami adalah galur baru coronavirus yang sebelumnya belum diidentifikasi pada manusia. “Gejala-gejala infeksi virus termasuk gangguan pernapasan, demam, batuk, sesak nafas, dan kesulitan bernafas,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.