Ketua Dewan: Dinkes Harus Cermati-Antisipasi Virus Corona

0

MARAKNYA informasi di media massa terkait masif dan cepatnya  pergerakan wabah penyakit Virus Corona yang kini sudah merambat Negeri Malaysia, turut memicu  kekhawatiran sejumlah wilayah yang berdekatan termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

KARENA itu, pemerintah Provinsi  dihimbau untuk mencermati sekaligus jika perlu melakukan langkah antisipasi dengan berbagai cara untuk menghambat pergerakannya. Langkah tersebut dinilai wajib untuk dilakukan guna melindungi masyarakat jika memang khabar ini adalah benar.

BACA : Obat Belum Ditemukan, Masyarakat Diminta Fokus Pada Pencegahan

“Jadi itu wajib dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan dinas lain terkait, agar berupaya menangkalnya,” tegas Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, dicegat wartawan di kantornya di Banjarmasin, Senin (27/1/2020).

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin menambahkan, penyebaran virus Corona yang bersumber dari Wuhan China dan sudah menjalar ke beberapa negara sepatutnya diantisipasi, termasuk di wilayah Kalsel. Sebab, di Kalsel juga ada tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari Tiongkok.

Komisi IV membidangi tenaga kerja , kesehatan, serta pendidikan ini mengingatkan pemerintah daerah agar mewaspadai dan antisipasi penyebaran virus Corona tersebut, seperti memantau pintu-pintu masuk TKA khusus dari China, yakni di bandar udara dan pelabuhan.

BACA JUGA : Antisipasi Virus Corona, Bandara Syamsudin Noor Aktifkan Pendeteksi Panas Tubuh

“Tentu kita harus preventif menghadapi penyebaran virus Corona ini dari pintu-pintu masuk TKA ini terutama di bandara,” kata Lutfi.

Politisi Gerindra ini menambahkan, dengan sudah adanya thermal scanner (pemindai suhu tubuh) di bandara, maka diharapkan alat thermal scanner ini difungsikan dengan baik. Sehingga bisa memilah kalau mungkin ada yang terjangkit virus itu bisa di karantina.

“Fungsikanlah thermal scanner ini dengan baik untuk mencegah penyebaran virus Corona ini di Kalsel,” pintanya. (jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.