Bawaslu Banjarmasin Targetkan Februari Bentuk Gakkumdu

0

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin masih menunggu instruksi dari Bawaslu Provinsi Kalsel untuk membentuk Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk menyongsong Pilkada serentak September mendatang.

“KEMUNGKINAN dalam bulan Februari nanti kita bentuk, sekarang kita masih menunggu intruksi dari (Bawaslu) Provinsi,” kata Subhani Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Sabtu (25/1/2020).

BACA : Usai Magang, Bawaslu Banjarmasin Minta Mahasiswa Jadi Duta Bawaslu

Setelah ada instruksi dari Bawaslu Provinsi, Subhani mengungkapkan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan lembaga Kepolisian dan Kejaksaan di Banjarmasin untuk segera membentuk Tim Sentra Gakkumdu.

Ketika disingung potensi kerawanan, Subhani mengatakan ada dua potensi kerawanan di Kota Banjarmasin, politik uang dan netralitas ASN. “Dua hal tersebut menjadi titik kerawanan pelanggaran pemilu,” terang dia.

Alumnus UIN Antasari ini menuturkan pihaknya sudah mengantisipasi potensi kerawanan netralitas ASN dengan berkoordinasi dengan BKD Kota Banjarmasin. “Rencananya nanti kita akan sosialisasi bekerjasama dengan BKD kepada para ASN di lingkungan Pemkot Banjarmasin,” ungkapnya.

BACA JUGA : Jaring Pendapat Masyarakat, Bawaslu Banjarmasin Geber Program Singgahi Bawaslu

Kemudian upaya pencegahan money politic lanjut Subhani, Bawaslu Kota Banjarmasin juga akan sosialisasi langsung kepada masyarakat. “Kita juga akan memaksimalkan patroli-patroli nantinya.” pungkas Subhani.(jejakrekam

Penulis Ahmad Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.