Over Kapasitas Penghuni Lapas, Kemenkumham Kalsel Curhat Ke DPRD Kalsel

0

HINGGA 17 Januari 2020, terjadi over kapasitas penghuni lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Kalsel. Dimana, ada kelebihan sekitar 6.043 warga binaan.

OVER kapasitas itu terungkap saat pertemuan antara jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel dengan Komisi I DPRD Kalsel, Rabu (22/1/2020).

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Agus Toyib mengatakan, tujuan pertemuan agar wakil rakyat tingkat provinsi dapat mengetahui kendala yang dihadapi sekaligus memohon dukungan. Karena salah satu tugas Kemenkumham adalah melakukan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan bagi warga binaan di dalam lapas.

“Kami ingin berkolaboasi sekaligus meminta dukungan untuk keberlangsungan tugas-tugas kita,” ujar Agus Toyib.

BACA : Dari 2.588 Penghuni Lapas Teluk Dalam, Hanya 200 Warga Banjarmasin

Pihaknya sedang memprogramkan pembangunan lapas baru karena kondisinya sudah sangat over kapasitas. Seharusnya hanya bisa menampung 3.447 warga binaan, kini dihuni 9.490 orang.

Pihaknya berharap dukungan dari DPRD Kalsel agar Pemprov Kalsel menyediakan lahan seluas 6 hektare untuk membangun lapas. “Kami berharap pemerintah daerah bisa menyediakan tanah untuk membangun lapas ini,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin mengapresiasi usulan Kemenkumham Kalsel ini.

Terkait over kapasitas lapas dan lahan, politisi PDIP ini meminta agar semua yang terlibat membuat perencanaan. “Ini sekedar perencanan dulu, misalnya pemprov berperan dimana, Kemenkumham di bagian apa, agar tujuan memanusiakan manusia dapat diwujudkan,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.