ACT

Bongkar Pasang Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin di Suksesi 2020, Ini Rumornya!

0 372

JELANG masa pendaftaran bakal calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin pada suksesi 2020, rumor bongkar pasang siapa berduet dengan siapa mulai mengemuka. Peta politik di ibukota Kalimantan Selatan ini diprediksi makin mengecurut.

INFORMASI yang dihimpun jejakrekam.com dari berbagai sumber menyebutkan kongsi politik dua petahana, Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, sudah diambang perpecahan menyambut suksesi 2020 mendatang.

Walikota Ibnu Sina pun dikabarkan bakal diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggandeng Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Arifin Noor. Sosok pejabat yang pernah mengisi posisi bergengsi di Pemprov Kalsel sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kalimantan Selatan ini digadang-gadang sebagai rekan duetnya.

BACA : Jelang Pilwali Banjarmasin, Sekretaris Gerindra Kalsel Diduetkan Bersama H Sam’ani

Sementara, Wakil Walikota Hermansyah tengah menjajaki berkongsi dengan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kalsel yang juga Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB), H Yuni Abdi Nur Sulaiman alias H Iyun. Meski Hermansyah harus bersaing memperebutkan tiket lima kursi partai banteng dengan mantan Wakil Ketua DPRD Kalsel yang juga Ketua DPC PDIP Banjarmasin, Muhaimin.

Sementara itu, dari Golkar dan Partai Demokrat mencuat nama Hj Ananda yang juga Wakil Ketua DPRD Banjarmasin berpasangan dengan Habib Abdurrahman Bahasyim, anggota DPD RI lewat taglinenya Habibana. Keduanya pun tergolong rajin menyosialisasikan diri dengan menebar baliho dan spanduk di berbagai ruas jalan di Banjarmasin.

Terakhir, ada nama Hj Karmila, Wakil Ketua DPRD Kalsel dari PAN bakal disandingkan dengan Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira. Sedangkan, figur pasangan calon lainnya dari Gerindra adalah H Sam’ani bersama Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalsel, Ilham Noor.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina Ajak Gerindra Mengulang Memori Pilwali Banjarmasin 2015

Kepada jejakrekam.com, Ilham Noor mengungkapkan saat ini belum ada keputusan resmi siapa yang bakal diusung Gerindra. Menurut dia, dirinya bersama H Sam’ani termasuk para pelamar yang tengah dipertimbangkan partai.

“Belum ada keputusan resmi, semua masih berproses. Tunggu saja,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Tanpa Koalisi, H Muhidin Pastikan PAN Tetap Usung Hj Karmila-Fajar Desira

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Banjarmasin Arifin Noor mengungkapkan hingga kini belum ada pembicaraan dengan siapa pun terkait Pilwali Banjarmasin 2020.

“Lagi pula, masa pendaftaran bakal calon walikota-wakil walikota di KPU masih lama, pada 8-10 Juli 2020. Jadi, semua kemungkinan bisa berubah,” ucap Arifin Noor kepada jejakrekam.com, Minggu (19/1/2020).

Meski dinilai telah berpengalaman maju sebagai calon Bupati Tabalong pada pilkada 2013 silam, Arifin menegaskan siapa pun sosok pemimpin kota ke depan adalah figur yang harus punya komitmen membangun Banjarmasin ke depan.

BACA LAGI : Diisukan Jadi Pasangan Ibnu Sina, Arifin Noor: Hanya Bisik-Bisik Tetangga

“Apa yang diharapkan masyarakat lewat Pilwali Banjarmasin 2020 mendatang adalah membangun kota yang harus diniatkan para pemimpin. Tujuan akhirnya adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat,” cetus Arifin.

Sebelumnya, Wakil Walikota Hermansyah pun tetap optimistis bisa maju bertarung di Pilwali Banjarmasin 2020, karena sebagai kader PDIP tentu mendapat tempat tersendiri di partainya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.