ACT

Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Haul Akbar Al Habib Hamid Bin Abbas Bahasim Ke-73

0 94

HAUL Ke-73 Al-Habib Hamid bin Abbas Bahasim di kubah Basirih, Sabtu (17/1/2020) terasa lebih istimewa. Sebab dihadiri puluhan ribu jamaah. Makanya sangat layak jika haul kali ini disebut sebagai haul akbar.     

ACARA dimulai sejak pukul 07:30 WITA, diikuti denga penuh hikmat oleh seluruh jamaah laki-laki dan perempuan. Didukung puluhan posko relawan yang memberikan pelayanan membagikan konsumsi serta pengaturan lalulintas mulai Jalan Teluk Tiram hingga ke sekitar lokasi haul di Basirih, maka pelaksanaan haul pun berjalan lancar.  

BACA : Haul Akbar Habib Basirih Tiap Tahun Makin Berkah

Para jamaah yang ditaksir mencapai puluhan ribu orang berdatangan dari Banjarmasin dan sekitarnya, serta dari berbagai daerah di  Kalsel. Bahkan cukup banyak pula yang datang Kalteng seperti dari  Kuala Kapuas dan Palangkaraya.

Menurut Jainal, warga Jalan Basirih Mantuil, jamaah yang hadir pada haul tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. “Bisa dibilang puluhan ribu jamaah memadati areal atau kawasan makam datu Habib Hamid bin Abbas Bahasim,” katanya.

Hj Barsiah, salah seoranga warga di sekitar kubah Habib Hamid bin Abbas Bahasim kepada jejakrekam mengungkapkan rasa syukurnya dapat menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan haul tahun ini. “Kami memang setiap tahun mengikuti acara haul ini. Syukur Alhamdulillah peringatan haul Akbar yang ke- 73 dapat menjamu para jamaah yang hadir,” ujarnya.

Hj Barsiah mengaku menjamu para jamaah dengan menyediakan sekitar 100 bungkus nasi untuk dibagikan. Begitu pula sejumlah warga lainnya di sekitar kubah, ikut menyediakan makanan dan minuman bagi jamaah.

BACA JUGA : Puluhan Posko Relawan Meriahkan Haul Habib Hamid Bin Abbas Bahasim

Jamaah yang menghadiri haul ini datang dengan menggunakan sepeda motor, mobil, melalui jalan darat. Sedangkan melalui sungai terlihat puluhan kelotok atau kapal kecil hilir mudik mengantarkan para jamaah yang berasal dari beberapa tempat di sekita Sungai Martapura dan Sungai Barito.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.