ACT

Agustus 2020, Pembangunan Bendungan Piani Rampung

0 81

PEMBANGUNAN Bendungan Piani di Kabupaten Tapin ditarget rampung pada Agustus 2020 nanti. Kemudian pekerjaan akan berlanjut untuk pembuatan dan pengembangan irigasi-irigasi yang diperlukan untuk kebutuhan pertanian.

MEMANG, bendungan harus sustainable dulu, baru lanjut membuat irigasinya,” ujar Kepala Balai Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Dwi Purwantoro usai rapat bersama Komisi III DPRD Kalsel, Kamis (16/1/2020).

Menurut dia, progres pembangunan bendungan yang menelan biaya sekitar Rp 70 miliar secara bertahap itu, sudah mencapai 95 persen. Sisanya tinggal pekerjaan penyelesaian atau finishing, yang paling lama Agustus 2020 sudah rampung.

BACA : Pembebasan Lahan Bendungan Pitap Dinilai Lamban, Padahal Masyarakat Sudah Siap

Terkait irigasi, Dwi Purwantoro menyebutkan, memang ada dua katagori yaitu, rehab irigasi sebelumnya dan pengembangan. “ Untuk pekerjaan rehab irigasi juga sudah rampung dan nanti tinggal menambah setelah bendungan selesai,” kata dia.

Selain Bendungan Piani, dalam tahun 2020 ini juga Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, melanjutkan pembuatan siring  yang berada di sisi Sungai Martapura, persisnya di depan RSUD Sultan Suriansyah, Banjarmasin, dengan pagu APBN senilai Rp 7 miliar. 

Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Sahrujani mengakui pada rapat siang itu banyak membahas berbagai proyek, diantaranya kemajuan pengerjaan Bendungan Piani di Kabupaten Tapin. “Soal bendungan ini memang sangat urgen bagi kita untuk mengetahui sejauhmana sudah pekerjaannya. Sebab jika sudah rampung, maka lahan pertanian lebih dapat memanfaatkanya,” jelas politisi Golkar ini.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.