Pasokan Ikan Laut Segar Berkurang, Ikan Asin Malah Naik Harganya

0

CUACA ekstrem membuat para pelaut Kalimantan Selatan dikabarkan tak berani melaut untuk menangkap ikan. Hasilnya, pasokan ikan segar kian berkurang di pasaran.

PILIHAN untuk menikmati daging ikan pun mengarah ke ikan asin. Salah satu primadona ikan asin di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin adalah ikan kering telang.

Pedagang ikan kering di Pasar Harum Manis Banjarmasin, H Rahman mengungkapkan kebanyakan ikan asin dipasok dari pesisir Kalimantan Selatan, seperti Pagatan (Kabupaten Tanah Bumbu), Asam-Asam dan Jorong (Kabupaten Tanah Laut) serta Kotabaru.

“Saat ini, pasokan ikan segar laut memang berkurang dibanding beberapa bulan sebelumnya. Ya, karena cuaca buruk di laut, banyak para nelayan tak berani melaut menangkap ikan,” ucap Rahman kepada jejakrekam.com, Rabu (15/1/2020).

BACA : Pasokan Berlimpah, Harga Ikan Air Tawar dan Laut Anjlok

Menurut dia, pasokan ikan asin yang didatangkan dari berbagai daerah di Kalsel, merupakan ikan hasil tangkapan sebelum cuaca buruk.

Diakui Rahman, meski persedian ikan asin cukup melimpah di Pasar Harum Manis, namun minat beli masyarakat menurun drastis. Bahkan, kualitasnya juga menurun dibanding musim kemarau.

“Pasokan ikan juga berkurang, sehingga harga eceran per kilogram juga mengalami kenaikan. Sebelumnya seharga Rp 70 ribu sekarang naik jadi Rp 80 per kilogram untuk ikan asin telang,” kata Rahman.

Menurut dia, kebanyakan para nelayan takut melaut karena gelombang masih tinggi di beberapa perairan yang jadi wilayah tangkapan ikan.

Lagi pula, kata Rahman, saat musim penghujan, penjemuran ikan asin juga terkendala, sehingga kualitas ikan kering juga menurun dibanding saat musim kemarau.

“Ini juga jadi salah satu pertimbangan para pembeli. Memang, angka penjualan ikan asin tidak seramai bulan-bulan lalu. Kebanyakan ikan dibeli dari jumlah besar atau partaian, namun kami juga melayani secara eceran,” katanya.

BACA JUGA : Sawah Tergenang, Saatnya Musim Panen Ikan Air Tawar

Menurut Rahman, ikan asin juga bukan laut pokok bagi masyarakat Banjarmasin, karena pilihan utama tetap pada ikan segar. “Makanya, penjualan masih normal, bahkan menurun ditambah harganya juga naik,” ucapnya.

Hal serupa juga dialami beberapa pedagang ikan di Pasar Sentra Antasari. Gara-gara pasokan ikan segar laut berkurang, akhirnya para pedagang memilih menjual ikan air tawar.

“Ikan asin ini hanya selingan, jadi tidak seramai pembelian ikan segar. Kalau bicara omzet penjualan tidak terlalu menggembirakan. Namun, tiap hari, ada saja yang membeli ikan asin dalam jumlah kecil di kios saya,” ucap pedagang ikan asin di Pasar Sentra Antasari, Siti Rahmah.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.