Bank Kalsel Salurkan Pinjaman Barokah

0

BANK Kalsel kembali menyalurkan bantuan untuk usaha kecil. Kali ini, bantuan berupa ‘pinjaman modal barakah’ senilai puluhan juta rupiah diberikan kepada 15 anggota kelompok usaha pondok pesantren yang tergabung dalam Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kalimantan Selatan (Kalsel).

DIPILIHNYA IPI Kalsel menjadi salah satu mitra Bank Kalsel dalam penyaluran program ini dengan pertimbangan, lingkungan pondok pesantren adalah lingkungan religius yang paham masalah muamalah beragama. Penyerahan modal pinjaman ini dilakukan di Banjarbaru, Kamis (09/01/2020).

BACA : 2020, Bank Kalsel Kembali Salurkan Kredit Rumah Bersubsidi

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabaruddin, dalam kesempatan itu menyatakan, sebagai bank pembangunan daerah maka Bank Kalsel harus berperan aktif sebagai agen of development dalam upaya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat Banua. “Diantaranya adalah memberikan pinjaman dana bergulir ‘modal barakah’ kepada Pondok Pesantren,” ujarnya. 

Disebutkannya, sumber dana pinjaman ini dihimpun dari zakat dan sadakah seluruh karyawan Bank Kalsel, yang dikelola oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ Bank Kalsel).

“Harapan kami, sinergi program IPI DPW Kalsel dan Bank Kalsel ini akan membantu pemerintah dalam menyukseskan program Suistainable Development Goal’s yang berusaha keras untuk meniadakan atau mengurangi kemiskinan di masyarakat,” katanya.

BACA JUGA : Bank Kalsel Konvensional Juga Melayani Transaksi Syariah

Pengajar Pondok Pesantren Walisongo Banjarbaru, Ustad Nasir, terlihat gembira ketika menerima bantuan tersebut bersama 15 menerima lainnya. “Alhamdulillah, hari ini kami menerima pinjaman modal Barakah dari Bank Kalsel. Pinjaman ini sangat membantu kami  untuk membuka usaha kecil-kecilan, sehingga bisa membantu pendapatan kami sebagai pengajar di pondok,” katanya.

Sedangkan Ustad Sarwono dari Pondok Pesantren Misbahul Munir Banjarbaru mengaku, pinjaman modal Barakah tanpa bunga ini sangat membantu para ustadz dalam mengembangkan usaha dan keterampilan ustadz dan santri, untuk menyiapkan generasi muda yang berilmu dan beriman.

Penyerahan pinjaman ini diwakili Sekretaris DPW IPI Kalsel Ustadz Edy Setyo Utomo SE MH. Ketua Harian IPI Kalsel KH Abdul Hamid Marzuki menyambut baik langkah Bank Kalsel ini. “Semoga segera bisa ditingkatkan ke seluruh Kalsel,” harapnya.

BACA LAGI : Dua Penghargaan Sekaligus Diterima Bank Kalsel Dari Pemkot Banjarbaru

Pengurus Pusat IPI dalam dalam sambutan yang disampaikan KH Zaini Ahmad SRK berharap semoga inisiasi pengurus DPW IPI Kalsel ini bisa menjadi contoh bagi DPW DPW lainnya di seluruh Indonesia.

 “Sebagai wadah sarana silaturahmi, interaksi dan koordinasi  pondok pesantren dalam peningkatan SDM dan kemandirian pondok, IPI akan berbuat maksimal untuk kemajuan pondok pesantren dan umat Islam pada umumnya” kata Gus Zaini yang juga Pengasuh Pondok Pesantren dan CEO BBM Group.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.