Banjir di Desa Tanah Abang Berangsur Surut

0

BANJIR di Desa Tanah Abang, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, berangsur surut dan masyarakat mulai bisa beraktivitas secara normal, Kamis (2/1/2020).

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Irwan Kumar mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Tanah Abang mulai berangsur surut.

“Tidak ada korban jiwa atau kerugian harta benda milik penduduk, namun tetap dalam pantauan BPBD Banjar. Banjir yang terjadi di Kabupaten Banjar hanya sebentar saja, dan ini akibat dari tingginya curah hujan,” katanya, Kamis (2/1/2020).

Untuk kondisi sekarang, ungkap Irwan Kumar, masyarakat dapat beraktivitas dengan normal, namun pihaknya bersama pihak terkait tetap melakukan kesiapsiagaan. Sebab, memasuki musim penghujan sebagian wilayah di Kabupaten Banjar rawan bencana banjir.

“Memasuki musim penghujan kita siaga bencana banjir dan juga angin puting beliung yang biasa terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar,” ujar Irwan Kumar.

BACA : Diguyur Hujan, Jalanan Banjarmasin Berubah Menjadi Sungai Dadakan

Sebelumnya Pemkab Banjar menggelar apel gabungan guna menghadapi kemungkinan terjadi bencana banjir dan angin puting beliung saat memasuki musim penghujan. Apel gabungan yang dipimpin Sekdakab Banjar Mokhammad Hilman diikuti BPBD Banjar, jajaran TNI, Polri, PMI, Dinas Sosial, dan semua pihak terkait guna membantu korban bencana alam.

Mokhammad Hilman menyampaikan tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada BPBD, Kodim 1006/Martapura, Polres Banjar, PMI dan lainnya semua pihak yang selalu bekerjasama membantu korban bencana alam di Kabupaten Banjar.

“Penanggulangan bencana bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi menjadi tanggungjawab bersama, termasuk masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.