Bawaslu HSU Lantik Panwascam

0

KETUA Bawaslu HSU Syardani mengingatkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) harus netral dalam menjalankan tugas. “Panwascam tidak netral, siap-siap kami pecat,” ujarnya usai pelantikan Panwascam se-HSU di Aula BPKAD, Amuntai, Selasa (31/12/2019).

SYARDANI mengungkapkan, Panwascam yang dilantik sebanyak 30 Panwascam se-Hulu Sungai Utara. Masing-masing kecamatan 3 anggota Panwascam. “Masa tugasnya Panwascam selama sepuluh bulan, 23 September 2020,” ujarnya.

Tugas Panwascam, bebernya, mengawasi penghitungan, rekapitulasi di kecamatan masing-masing. Nantinya Panwascam akan membentuk pengawas keluranan dan desa (PPKD). “Setiap desa diletakan satu pengawas dan dibantu pengawas TPS, tugasnya 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah pemungutan suata,” terangnya.

Bupati HSU dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab HM Taufik menyampaikan, agar anggota Panwascam yang baru dilantik dan diambil sumpahnya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tahun 2020. Ia juga mengingatkan, bahwa pengawasan menjadi salah satu terpenting dalam menentukan berhasilnya atau tidaknya Pemilu, karena pengawasan Pemilu adalah kegiatan mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan perundang-undangan.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.