Plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsudin Noor Sudah Diperbaiki

0

PERISTIWA lepasnya plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsudin Noor akibat curah hujan sangat lebat disertai angin kencang beberapa  hari lalu, dipastikan tidak mempengaruhi operasional dan pelayanan bandara baru tersebut.

HUJAN sangat lebat sejak dinihari disertai angin kencang yang menerpa bangunan terminal Bandara Syamsudin Noor  mengakibatkan terlepasnya sebagian plafon  berukuran 3×5 meter di  ujung terminal bandara tersebut pada Minggu pukul 04.00 WITA (29/12) pagi. Untuk mengatasi hal ini tersebut, pihak pengelola Bandara Syamsudin Noor meresponnya dengan langsung memperbaiki bagian plafon yang rusak. Minggu malam lalu pukul 24.00 WITA pekerjaan tersebut telah berhasil diselesaikan.

BACA : Plafon Bandara Internasional Syamsudin Noor Ambruk, Masuk Kegagalan Konstruksi

“Kami langsung melakukan perbaikan pada bagian plafon yang rusak sebagai imbas angin kencang yang melanda area terminal. Pekerjaan perbaikan dilakukan oleh kontraktor pembangunan terminal, mengingat terminal baru ini masih dalam masa pemeliharaan. Kami sampaikan juga kejadian tersebut sama sekali tidak berdampak terhadap operasional dan pelayanan bandara. Angkasa Pura I berkomitmen bahwa kejadian tersebut tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang dengan senantiasa berupaya mengikuti prosedur perawatan dan pemeliharaan fasilitas layanan bandara sesuai dengan prinsip K3 yang telah dicanangkan pada seluruh bandara Angkasa Pura I,” ungkap Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Peristiwa jatuhnya plafon berukuran 3×5 meter tersebut disebabkan tinggi dan lebatnya curah hujan sejak dini hari yang disertai angin kencang. “Debit air yang besar tidak terdistribusi dengan baik sehingga dak beton penuh dan turun ke plafon. Ternyata setelah dilakukan pengecekan, terjadi sumbatan pada saluran pembuangan lantaran pekerjaan yang belum sepenuhnya dibersihkan. Hal inilah yang mengakibatkan air melimpah dan jatuh pada area plafon terminal,” terang Handy.

BACA JUGA : Pasca Hantaman Angin Kencang, Bandara Internasional Syamsudin Noor Lakukan Perbaikan

Setelah dilakukan pembersihan sisa semen dan kotoran, air dapat mengalir dengan baik. “Perbaikan  tersebut telah berhasil diselesaikan Minggu malam pada pukul 24.00 WITA,” imbuh Handy.

Sebagai corrective action untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang, kontraktor menambahkan, dilakukan perkuatan pada penahan pipa talang dan rangka plafon. PT PP dan Wika Gedung sebagai kontraktor Proyek Pembangunan Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah melakulan pemeriksaan ulang pipa down spot di posisi gatter maupun dak beton selasar.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa akibat kejadian ini, dan berupaya memastikan bahwa ke depan kejadian serupa tidak terulang kembali,” ucap Handy.(jejakrekam)

Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.