Memastikan Mutu Layanan Rumah Sakit, Komisi IV DPRD Kalsel Maksimalkan Sidak

0

KOMISI IV DPRD Kalsel akan sering melakukan inspeksi rutin ke rumah sakit-rumah sakit guna memastikan agar mutu layanan kesehatan yang diberikan benar-benar berkualitas prima, terutama bagi pasien kelas III.

SEBAB, kualitas layanan kesehatan rumah sakit hingga kini masih banyak dikeluhkan masyarakat, dan ini menjadi fokus penting untuk ditindaklanjuti sehingga kedepan tak ada lagi keluhan dan rumah sakit

“Kami merencanakan inspeksi rutin untuk melihat apakah rumah sakit-rumah sakit benar-benar memberikan pelayanan yang baik, terutama bagi pasien menengah ke bawah,” tegas anggota Komisi IV DPRD Kalsel Habib Ahmad, Selasa (17/12/2019).

Menurut dia, inspeksi mendadak tersebut nantinya diagendakan sebulan atau dua bulan sekali, namun sebelumnya akan dibahas bersama anggota komisi. Jadi, tak hanya membahas soal keuangan dan kenaikan tarif BPJS saja, tapi masalah mutu layanan yang masih banyak dikeluhkan jadi atensi prioritas yang akan didorong oleh dewan untuk diperbaiki.

Terkait rencana ini anggota komisi dari Fraksi PAN ini menyebutkan, pihaknya akan lebih meningkatkan koordinasi bersama Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) dan Dinas Kesehatan selaku pembina teknis.

Habib Ahmad juga sepakat apa yang menjadi kewajiban BPJS terhadap rumah sakit juga harus dituntaskan demi menjaga kelangsungan oprerasional rumah sakit.

Hanya saja jika masalah klaim finansial itu sudah clear, maka rumah wajib menjalankan ketentuannya, yaitu memberikan layanan yang bermutu bagi masyarakat.

Sejauh ini pula, imbuh dia, RSUD Ansari Saleh sudah memberikan komitmennya untuk memberikan layanan yang mutu bagi semua pasien.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.