TP4D Dibubarkan Diganti Unit Kerja Baru Bernama PPS

0

TIM Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang eksis di era mantan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, akhirnya dibubarkan. Namun, lembaga itu hanya berganti nama di masa kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin menjadi Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis.

UNTUK di level Kejaksaan Agung akan dibentuk Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS). Sedangkan, di tingkat kejaksaan tinggi dan kejari, akan dibentuk semacam Seksi PPS.

Terhitung 22 November 2019, TP4D yang ada di Kejaksaan Tinggi (Kejari) dan Kejaksaan Negeri (Kejari), telah ditiadakan. Kepala Kejati Kalsel Arie Arifin mengungkapkan saat ini tengah ditambah satu unit kerja di Kejagung bernama Direktorat PSS, nantinya akan ditambah pula di jajaran kejaksaan di bawahnya.

Menurut Kajati Kalsel, PPS nantinya lebih kuat dibanding TP4D karena berbentuk direktorat dan dikuatkan dengan instruksi presiden (inpres).

BACA : Komisi III DPR Desak TP4D Kejaksaan Segera Dibubarkan

“Jika di Kejagung RI, jabatannya dipegang Direktur PPS, maka di daerah akan dipegang Kepala Seksi (kasi) PPSD. Jadi, jika ada pihak terutama pemerintah daerah meminta pengamanan, kami siap. Saat ini, tinggal menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis),” imbuh Arie Arifin di Banjarmasin, saat peringatan HAKI 2019, belum lama tadi.

Sementara itu, dalam penanganan perkara korupsi tahun 2019 menurun dibanding tahun 2018 yang diusut jajaran Kejati Kalsel dan kejari se-Kalsel. Hal itu diklaim Kajati Kalsel, karena hadirnya keberadaan TPD4 yang mengawal proyek milik pemerintah daerah.

BACA JUGA : Libatkan TP4D Kejari Banjar, Dana Pembebasan Lahan Jembatan Sei Lulut Disiapkan Rp 2,25 Miliar

Bahkan, dalam pengusutan perkara korupsi, uang negara yang berhasil diselamatkan selama tahun 2019 di Kalsel mencapai Rp 4,6 miliar, turun dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp 7,9 miliar. Saat ini, ada 17 kasus tengah tahap penyelidikan, menurun dibanding tahun 2018, sebanyak 26 perkara.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2019/12/13/tp4d-dibubarkan-diganti-unit-kerja-baru-bernama-pps/
Penulis Ipik Gandamana
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.