Tambah Populasi, 10 Ribu Bibit Ikan Kembali Ditebar di Paringin dan Lampihong

0

DALAM upaya menjaga kelestarian ikan lokal, Pemkab Balangan melalui Dinas Perikanan  melakukan penebaran kembali (restocking) benih ikan di beberapa titik perairan  yang ada di Bumi Sanggam.

SECARA simbolis, Bupati Balangan H Ansharuddin  melakukan pelepasan 10 ribu bibit ikan berbagai jenis di Danau Baruh Bahinu kecamatan Paringin Selatan, Jumat (7//12/2019) lalu.

Kegiatan yang dimotori  Dinas Perikanan Balangan dalam rangka melestarikan sumber daya ikan dan menambah popolasi ikan yang ada di Danau Baruh Bahinu. Dan ini salah satu bukti pemerintah ikut berperan membantu mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

BACA: TPID Balangan Gelar P2KTD Bagi Desa Potensial

Menurut Ansharuddin, penebaran benih ikan di danau Baruh Bahinu, merupakan sebuah langkah kecil yang bermanfaat sangat besar guna mewujudkan tujuan pembangunan perikanan secara umum dan membiarkan danau tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi ikan untuk hidup dan berkembang biak secara khusus.

Dilanjutkannya, danau dan setiap perairan adalah potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama, untuk kesejahteraan bersama.

“Karena itu, jangan hanya mengandalkan pemerintah saja untuk memeliharanya. masyarakat sendiri adalah pihak yang paling berkepentingan dan paling merasakan manfaat perairan, dan juga paling merasakan akibatnya bila perairan atau potensi-potensinya di dalamnya rusak,’’ harapnya.

Orang nomor satu di Bumi Sanggam ini juga menegaskan, peran serta masyarakat, serta kesinergian upaya dengan pemerintah, dalam melindungi, merehabilitasi, memanfaatkan dan memperkaya sumber daya perikanan sangatlah penting.

BACA JUGA: : Balangan Masuk Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2019

“Untuk itu, kami mengajak agar masyarakat selalu turut aktif memelihara danau, sungai maupun sumber daya-sumber daya perikanan lainnya,” ajaknya.

Sedangkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Balangan, Rudi membeberkan, pelaksanaan restocking benih ikan bertujuan menjamin dan menambah populasi ikan lokal khususnya di dua kecamatan, yakni Kecamatan Paringin Selatan dan Lampihong.

Ditambahkannya, untuk pelaksanaan restocking sendiri disediakan bibit ikan berbagai jenis dengan jumlah ratusan ribu ekor bibit ikan.

“Khusus pelaksanaan restocking di Danau Baruh Bahinu selain menambah populasi ikan, juga bertujuan agar, fungsi alami danau bisa terus dijaga sesuai dengan fungsi awalnya, yakni sebagai habitat asli ikan lokal,” tegasnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, diantara bibit ikan yang lepas yakni, bibit ikan gurami, pupuyu, serta patin yang berasal dari balai benih ikan Gunung Manau di Kecamatan Batu Mandi yang dimiliki dinas Perikanan Kabupaten Balangan.

“Dengan pelaksanaan restocking selain menjamin populasi ikan, juga diharapkan memberikan menfaat ekonomi kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang memanfaatkan bidang perikanan dalam penopang ekonomi merekan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.