Fraksi Nasdem DPR RI Diminta Golkan Anggaran Jembatan Pulau Laut

0

FRAKSI Partai Nasdem di DPR RI diminta untuk makin intensif melobi pemerintah pusat untuk menggolkan pembangunan Jembatan Pulau Laut di pemerintahan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin yang akan menghubungkan Kotabaru dengan  Batulicin atau daratan Pulau Kalimantan di Kalimantan Selatan.

DESAKAN ini dilontarkan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPW Partai Nasdem Kalsel, Martinus yang menginginkan anggota Fraksi Nasdem di DPR RI bisa merealisasikan pembangunan Jembatan Pulau Laut yang telah digarap Pemprov Kalsel, Pemkab Kotabaru dan Tanah Bumbu itu, namun terhenti akan minimnya anggaran.

“Kami ingin Fraksi Nasdem di DPR RI turut memperjuangkan aspirasi warga Kalsel untuk realisasi infrastruktur itu melalui APBN. Kami yakin anggota Fraksi Nasdem di DPR RI sudah mengetahui apa yang harus diperjuangkan di Kalsel,” ucap Martinus kepada awak media di sela silaturahmi dan konsolidasi Partai Nasdem dengan Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem Ahmad Ali di Hotel G Sign Banjarmasin, Sabtu (7/12/2019) malam.

BACA : 616 Izin Tambang Dicabut, Pemprov Kalsel Desak Silo Group Bangun Jembatan Pulau Laut

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalsel ini mengaku sudah menyampaikan masalah itu kepada Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI dari Partai Nasdem, Rusdi Masse Mappasessu, agar bisa dianggarankan dan diperjuangkan khususnya dukungan dana melanjutkan pembangunan Jembatan Pulau Laut dengan bentang 5,8 kilometer. Khususnya, suntikan dana untuk bentang tengah untuk menghubungkan daratan Kalimantan dengan Pulau Laut (Kotabaru) dan Tanah Bumbu.

Menurut Martinus, saat ini Pemprov Kalsel, Pemkab Kotabaru dan Tanah Bumbu sudah sepakat sharing dana untuk pembebasan tanah dan pembangunan jembatan pendekat yang sudah dimulai pengerjaannya pada tahun 2015. “Mengingat keterbatasan anggaran provinsi dan kabupaten, maka masyarakat berharap

bantuan dana APBN untuk pembangunan bentang tengah jembatan melalui Kementerian PUPR,” ucapnya.

Menurut Martinus, dari 13 kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Selatan, hanya Kabupaten Kotabaru yang belum terhubung akses jalan darat dan selama puluhan tahun untuk angkutan darat ke Kabupaten Kotabaru dilayani angkutan ferry yang operasionalnya tidak 24 jam. “Dengan terhubungnya daratan Kalimantan dengan Pulau Laut maka Kabupaten Kotabaru tidak terisolir dan dapat berkembang menjadi kawasan pariwisata dan perekonomian sektor-sektor lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA : Kalah di MA, Pemprov Kalsel Tagih Janji Silo Group Bangun Jembatan Pulau Laut

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI dari Partai Nasdem Rusdi Masse Mappasessu mengungkapkan, pihaknya pun menggali aspirasi masyarakat secara luas, yang akan diperjuangkan Partai Nasdem untuk kepentingan rakyat Indonesia, khususnya pemerataan pembangunan di daerah.(jejakrekam)

Penulis Afdi Achmad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.