ACT

Berikan Catatan, DPRD Balangan Minta Eksekutif Bekerja Lebih Efektif Lagi

0 14

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, memberikan masukan kepada sejumlah SKPD di lingkup pemerintah daerah setempat, melalui juru bicaranya M Ifdali.

POLITISI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengungkapkan, ada beberapa SKPD atau dinas yang diharapkan kedepannya lebih bisa berbuat banyak dalam turut membangun daerah.

Terkait dengan bidang pertanian, kata dia, agar bisa memperhatikan Program dan Kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, salah satunya berkenaan dengan pembagian benih (Bibit), supaya program dan kegiatan tersebut tepat sasaran, tepat waktu serta bernilai guna.

BACA: DPRD Balangan Inginkan Penanganan Bencana Lebih Terarah Dan Optimal

Untuk bidang pendidikan, lanjutnya, dengan telah dialokasikannya anggaran lebih dari 20 %, diharapkan bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Balangan.

Sementara di bidang ketenagakerjaan, pemerintah daerah tetap perlu mendorong pembukaan lapangan kerja baru dan peningkatan skill tenaga kerja.

“Program ini bisa dilakukan dengan mendorong kebijakan baru pemerintah daerah, seperti pola investasi padat karya  yang mampu menampung tenaga kerja dari masyarakat lokal, dan meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi kreatif serta dengan cara meningkatkan keterampilan tenaga kerja terdidik,” terangnya.

Pada bidang kesehatan, permasalahan yang muncul adalah berkenaan dengan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Balangan, terutama yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pihaknya, kata dia, berharap akan ada peningkatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Balangan.

Kemudian untuk Bidang Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), agar lebih cermat dalam menyusun Rancangan Kegiatan dan Anggaran (RKA) dalam kaitannya dengan penelitian–penelitian, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun pengembangan potensi daerah Kabupaten Balangan.

BACA JUGA:  Gelar Apel, Sekwan DPRD Balangan Minta Jajarannya Makin Disiplin

“Terakhir, pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, diperlukan sebagai pembangunan integratif dengan memperhatikan rencana tata ruang wilayah dan konservasi lingkungan hidup, melalui peningkatan kapabilitas dan aksesibilitas wilayah,” tegasnya.

Kemudian, di bidang pariwisata, pemerintah daerah harus betul-betul memperhatikan dan terus mengembangkan kebudayaan asli daerah Kabupaten Balangan, yang sekiranya dapat menunjang peningkatan wisata daerah serta dapat menarik turis lokal maupun asing yang masuk ke Kabupaten Balangan, dan di sisi lain adalah untuk terus menjaga kelestarian budaya itu sendiri.

“Dalam rangka peningkatan Kualitas Daya Saing Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Daerah diharapkan bisa membuat suatu terobosan berhubungan dengan potensi alam yang dimiliki Bumi Sanggam, bukan hanya pariwisata tapi bisa juga dalam bidang perkebunan, peternakan dan lain sebagainya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.