ACT

Denny Indrayana Vs Paman Birin, Pengamat : Petahana Sudah Menang Satu Kosong

0 539

LAGA memperebutkan kursi orang nomor satu di Pemprov Kalimantan Selatan, masih berkutat pada dua figur. Sang incumbent atau petahana Gubernur Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin ini dipastikan diusung Partai Golkar dengan 12 kursi versus penantangnya, Denny Indrayana.

MANTAN Wakil Menteri Hukum dan HAM era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun dikabarkan akan menempuh dua opsi. Langkah pertama maju lewat usungan koalisi parpol, dan langkah kedua jika tersendat lewat jalur perseorangan atau independen menatap Pilgub Kalsel 2020.

Pengamat politik UIN Antasari Banjarmasin Dr Ani Cahyadi Maseri justru melihat dari dua figur yang tenar di Kalsel bakal bertarung di tengah politik Kalsel yang masih dinamis.

“Dengan kondisi politik sekarang, relatif sukar untuk memprediksi persaingan antara Paman Birin dengan Denny Indrayana. Namun, dari arah politik Denny Indrayana sebagai penantang, sangat jelas akan melakoni politik dua kaki, maju lewat usungan gabungan parpol atau jalur independen,” ucap Ani Cahyadi Maseri kepada jejakrekam.com, Senin (2/12/2019).

BACA : Pilgub Kalsel 2020 Diprediksi Jadi Medan Laga Tiga Petarung

Diakui Ani Cahyadi, langkah Denny Indrayana untuk merapat ke Partai Gerindra sebagai lokomotif parpol pengusungnya, sangat tepat karena kedekatannya dengan sosok sang bos, H Abidin terlebih lagi dengan Prabowo Subianto yang pernah dibelanya dalam sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konsitutisi (MK).

“Bagaimana pun, kans Denny Indrayana untuk maju lewat usungan koalisi parpol sangat terbuka. Namun, yang harus dilihat, siapa yang akan jadi pendamping Denny di posisi sebagai calon wakil gubernur nanti,” ucap doktor jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

BACA JUGA : ASN Dilarang Serahkan e-KTP Dukung Calon Independen

Ani Cahyadi mengakui  awalnya isu yang kuat berhembus jika Denny Indrayana bakal menggandeng senator DPD RI, Habib Abdurrahman Bahasyim atau Habib Banua. Namun, belakangan, ternyata Habib Banua justru lebih tertarik untuk berlaga sebagai calon Walikota Banjarmasin pada pilkada tahun depan.

“Ada pula yang mengaitkan Denny Indrayana akan diduetkan dengan mantan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) yang merupakan kader Partai Gerindra dan juga anggota DPR RI, Saiful Rasyid. Ini perkembangan peta politik yang terjadi sekarang, apakah akan terealisasi?” ucap Ani Cahyadi.

BACA JUGA : Calon Indepeden Diprediksi Bisa Lebih Satu Pasang, Ini Syaratnya!

Mantan aktivis HMI ini mengakui Denny Indrayana merupakan putra kelahiran Kotabaru, namun besar di Banjarbaru dengan kiprah di dunia akademis dan hukum serta pemerintahan dikenal di kalangan menengah ke atas. Namun, Ani justru melihat Denny Indrayana belum membumi di kalangan akar rumput Kalsel.

“Ini tantangan bagi tim sukses Denny Indrayana yang ingin menantang incumbent. Jika diibaratkan sepakbola, maka posisi Denny Indrayana versus Paman Birin itu sudah satu kosong. Artinya, posisi keunggulan sementara dipegang Paman Birin selaku petahana,” tutur Ani.

Sebab, menurut Ani, posisi Paman Birin selaku Gubernur Kalsel jelas sudah dikenal khalayak, bahkan sudah mengakar di tataran masyarakat bawah, sehingga jika Denny Indrayana ingin maju bertarung dengan posisi kalah satu kosong, paling tidak harus menebusnya dua angka agar bisa menang 1-2.

“Selama ini, Paman Birin sangat rajin turun ke tengah masyarakat. Ini belum lagi ditambah faktor X serta calon wakil gubernurnya ke depan,” tutur Ani.

BACA LAGI : Denny Indrayana Akui Nama Tiga Habib Diusulkan Jadi Pendampingnya

Menurut dia, patut dicatat, sebagai incumbent, Paman Birin selaku orang nomor satu di Pemprov Kalsel serta pemimpin daerah tentu punya akses untuk ke memobilisasi perangkat struktural pemerintahan daerah.

“Inilah mengapa jika kita mengambil istilah sepakbola, maka Paman Birin itu sudah menang satu kosong terhadap Denny Indrayana. Jadi, dibutuhkan kerja ekstra dari seorang penantang untuk mengalahkan petahana,” tandas Ani Cahyadi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.