ACT

Festival Bazar Siaga Memotivasi untuk Berprestasi Sejak Dini

0 37

KETUA Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah membuka Festival Bazar Siaga Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan tahun 2019 di halaman Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Sabtu (30/11/2019).

DALAM festival bazar Siaga ini, anggota Pramuka tingkat Siaga diajak untuk ikut bermain bersama dengan permainan-permainan tradisonal dan permainan khas siaga. Dengan diikuti 1.000 anggota Pramuka Siaga Banjarmasin, anak-anak Pramuka Siaga melakukan kegiatan kompetisi sambil bermain.

Dengan mengangkat tema, Pramuka Siaga Gembira, Terampil, Bersahabat, Hj Raudatul Jannah menyampaikan pesan dalam sambutannya bahwa dengan adanya festival bazar siaga merupakan ajang unjuk kebolehan dari Pramuka Siaga.

“Dengan bermain, yang merupakan sifat anak-anak, dan kaum muda dalam kegiatannya sehari-hari. Kegiatan yang bersifat permainan merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka,” katanya.

Kegiatan bazar Siaga memberikan kesempatan bagi anggota Pramuka tingkat Siaga agar dapat menerima banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Baik wawasan, kedisiplinan, ketangkasan dan keterampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri baik fisik maupun mental pikiran, sesuai tingkat kemampuannya.

“Kepramukaan merupakan proses pendidikan yang praktis di luar sistem pendidikan sekolah dan keluarga. Selain itu, kegiatannya banyak dilakukan di alam terbuka dalam bentuk yang menarik dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan untuk membentuk kepribadian dan watak berakhlak mulia,” pungkas Hj Raudatul Jannah.

Festival Bazar Siaga ditutup dengan dongeng yang disampaikan Radhika Ansari, siswa SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.