Diskominfo Balangan Gelar Talkshow Transparansi Publik

0

GUNA lebih memahamkan bagaimana tugas dan fungsi Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Balangan mengelar kegiatan Talkshow transparansi publik dan pertunjukan rakyat tradisional, Rabu (27/11/2019) malam di Taman Sanggam Paringin.

KHUSUS acara Talkshow transparansi public, panitia mendatangkan tiga nara sumber yakni, H Tamliha Harun yang merupakan Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalsel dan Setyo Esti Agustini Plh  Kepala Perwakilan BPK Kalsel serta M  Noor S Sekretaris Diskominfo Balangan atau selaku PPID Utama Kabupaten Balangan.

Sedangkan untuk mengisi pertunjukan rakyat tradisional ditampilan kesenian Mamanda dan Balulucuan yang dibawakan para seniman Kalsel yang tergabung dalam JT Junior (Jhon Tralala Next Generation) yang merupakan lanjutan Jhon Tralala Grup yang didirikan oleh seniman madihin terkenal Banua yakni, almarhum H Jhon Tralala.

BACA : Karang Taruna Balangan Ikut Kemah Karya Bakti Tingkat Provinsi

Acara yang turut dihadiri oleh Bupati Balangan H Ansharuddin ini juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan dari Bupati Balangan atas melaksakan Pengelola Indormasi Daerah (PPID) bagi Sebanyak 10 Pejabat SKPD di lingkup Pemkab Balangan.

Bupati H Ansharuddin menyampaikan penghargaan ini diberikan sebagai upaya mendorong SKPD meningkatkan penyajian informasi kepada publik menjadi lebih baik lagi.

Menurutnya, pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan salah-satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan hasil prestasi dan kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Dan ini telah terjawab dengan keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang menyentuh langsung pada kebutuhan masyarakat umum. Lanjutnya, salah-satu tugas PPID ini adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi.

Adapun sepuluh SKPD yang mendapatkan penghargaan, diantaranya untuk kategori Dinas, Dinas Capilduk, DPPKB dan Diskominfo. Untuk Badan, BKPPD, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) dan Sekretariat DPRD. Kemudian untuk kecamatan, Kecamatan Batumandi, Paringin dan Kecamatan Halong.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.