ACT

Apindo Kalsel Berikan Dukungan bagi Pengusaha dalam Menyelesaikan Perkara

0 28

SEBAGAI salah satu upaya untuk meminimalisir perselisihan antara pekerja dengan pengusaha di Pengadilan Hubungan Industrial, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel siap berikan support atau dukungan kepada pengusaha di Banua.

HAL itu diungkapkan oleh Ketua DPP Apindo Kalsel, H Supriadi saat membuka kegiatan Diskusi Panel Strategi Beracara di Pengadilan Hubungan Industrial, Kamis ( 28/11/2019) di Swiss-Belhotel Banjarmasin.

“Kalaupun nanti terjadi permasalahan ketenagakerjaan yang penyelesaiannya sampai ke pengadilan hubungan industrial maka Apindo akan mendampingi teman teman pengusaha, tentunya terlebih dahulu diketahui oleh tim m advokasi Apindo dengan syarat telah melapor sebelumnya,” ungkapnya.

BACA: APINDO Sebut Tak Semua Perusahaan Mampu Bayar UMP Kalsel

Ia menambahkan permasalahan sendiri yang terjadi antara pengusaha dan para pekerja disebabkan melemahnya kondisi ekonomi di Kalsel, yang berdampak adanya PHK bagi karyawan maupun yang masih kontrak.

“Hal ini seiring dengan dampak banyaknya teman-teman pengusaha yang merumahkan karyawan dan sebagian menutup usahanya,” tambahnya.

Dalam diskusi yang membicarakan sosialisasi PP 75 tahun 2019 tentang BPJS Kesehatan itu menghadirkan pembicara Hakim Pengadilan Hubungan Industrial Pengadilan Negeri Banjarmasin, Fahmi Faisal SH MH, hakim Ad Hoc dan mantan Hakim Hubungan Industrial, Hasan Yuniah SH.

Supriadi menghimbau kepada para pengusaha agar senantiasa bisa memanfaatkan peluang ini, agar kedepan tidak ada terjadi permasalahan dengan para pekerja.

“Mudah-mudahan teman-teman pengusaha tidak harus kepengacara apabila terjadi permasalahan, cukup ke tim advokasi Apindo. Mengingat sedikit semenjak krisis ekonomi makin banyak pekerja yang dirumahkan dan sebagian ada yang sampai ke pengadilan hubungan industrial,” imbuhnya.

Perlu diketahui kegiatan ini diikuti sekitar 75 pengusaha di Kalsel yang merupakan anggota Apindo, dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.