ACT

Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Kalsel Naik 7 Peringkat

0 21

KEPALA Dinas Kesehatan Kalsel Muhammad Muslim mengungkapkan, ada perbaikan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) dari tahun ke tahun atas kinerja berbagai bidang insan kesehatan tersebut.

INDEKS pembangunan kesehatan masyarakat Kalsel meningkat. Thun 2013 lalu masih peringkat 31 dari 33 provinsi se-Indonesia, sekarang 24 dari 34. Ada loncatan progress,” kata Muslim kepada jejakrekam.com, Kamis (21/11/2019).

Selain kinerja figur-figur kesehatan yang terus menunjukkan perbaikan, Muslim berkata, IPKM Kalsel terus membaik karena beberapa persoalan kesehatan krusial menjadi prioritas. Misalnya, permasalahan stunting, kematian ibu dan bayi, imunisasi, penyakit tidak menular, serta penyakit menular.

“Khususnya stunting, kita berhasil menurunkan sebanyak 11 persen selama kurun waktu lima tahun terakhir. Memang masih di bawah nasional, tapi kita terus berupaya menekan angka itu. Termasuk beberapa prioritas yang lain tadi juga menurun,” kata Muslim.

Pihaknya mengimbau agar organisasi atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak pada bidang non kesehatan juga terlibat membantu menekan persoalan kesehatan yang menjadi prioritas.

“Misalnya LSM, organisasi wanita, sampai organisasi kepemudaan, termasuk para pemuka agama harus kita gandeng. Potensi seperti itu akan kita libatkan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.