Raih Predikat Kota Sehat, Banjarmasin Sabet Saba Wistara

0

WALIKOTA Banjarmasin Ibnu Sina akhirnya bisa memboyong Piala Saba Wistara dan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) usai ditetapkan sebagai kota sehat 2019.

SEBELUM meraih penghargaan Saba Wistara, Pemkot Banjarmasin pun pernah menyabet penghargaan Swasti Saba tingkat Padapa berlanjut Swasti Saba, hingga di pengunjung tahun 2019 naik level.

Penghargaan ini pun diberikan Mendagri Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan  Terawan Agus Putranto, dalam acara penghargaan Swasti Saba Kabupaten dan Kota Sehat Tahun 2019 di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan ini pun dinilai Walikota Ibnu Sina sebagai ikhtiar yang membuahkan hasil dari seluruh elemen warga kota agar semakin giat menjaga kebersihkan lingkungan.

BACA : Kesehatan Sanitasi dan Lingkungan Belum Berjalan Maksimal

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengucapkan terima kasih atas dukungan semua warga dalam menciptakan Banjarmasin sebagai kota sehat dengan lima kategori pranata, dari terkecil hingga tertib lalu lintas.

Tak hanya itu, Pemkot Banjarmasin juga menerima sertifikat Kota Sehat, diterima langsung Ketua Forum Kota Sehat Banjarmasin, Fathurrahman.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan penghargaan yang diberikan kabupaten dan kota itu merupaan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial sehingga memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi,” ucap Menkes Terawan.

BACA JUGA : Ada 158.348 Warga Banjarmasin Belum Tercover Jaminan Kesehatan

Begitupula, Mendagri Tito Karnavian mengatakan topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam mendukung program prioritas pembangunan nasional bertumpu pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi bonus demografi.

Hal ini sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk lima tahun ke depan menfokuskan pada sektor kesehatan dalam membangun SDM bangsa.(jejakrekam)

Penulis Ricky Fahriza/Humpro Bjm
Editor didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.