ACT

Lamar Semua Parpol, Paman Birin Ingin Bentuk Koalisi Besar Lagi

0 897

PUNYA modal 12 kursi di DPRD Kalimantan Selatan, Partai Golkar sudah mampu mengusung jago sendiri dalam perhelatan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel pada September 2020. Meski, Golkar memastikan diri mengusung petahana, Gubernur Sahbirin Noor alias Paman Birin, namun tetap menjajaki kongsi politik dengan parpol lain.

SEJARAHNYA, pada Pilgub Kalsel 2015 lalu, Paman Birin berduet dengan Rudy Resnawan (Birin-Rudy) didukung banyak parpol. Yakni, PDI Perjuangan, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), PKS, PAN dan Partai Hanura.

Birin-Rudy pun bisa meraup 739.588 suara atau 41,09 persen pada hari pemungutan, Rabu 9 Desember 2015, menang tipis dengan penantangnya dari jalur independen, H Muhidin-Gusti Farid Hasan Aman.

BACA : Ada Wahid, Iskandar dan Rosehan, Paman Birin : Duet Saya Tergantung Koalisi

Duet mantan Walikota Banjarmasin-senator DPD RI itu bisa mengumpulkan 725.585 suara atau 40,31 persen. Sedangkan, juru kunci paslon mantan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar bersama eks Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) M Safi’i dengan 334.712 suara atau 18,6 persen usungan tiga parpol, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

Motivasi itu ditegaskan Puar Junaidi yang ditugaskan Paman Birin mengantarkan berkas pencalonannya ke DPW PKS Kalsel, Jalan A Yani Km 5,7 Banjarmasin, Jumat (15/11/2019).

“Selama ini kerjasama semua perwakilan parpol yang ada di DPRD Kalsel dengan Gubernur Sahbirin Noor selama pemerintahannya berjalan dengan baik. Inilah yang memotivasi Paman Birin melamar ke banyak parpol yang membuka penjaringan calon,” ucap Koordinator Bidang Pemenangan Golkar Wilayah II DPD Golkar Kalsel, Puar Junaidi usai mengembalikan berkas pencalonan Paman Birin diterima pengurus DPW PKS Kalsel.

BACA JUGA : Paman Birin Vs Denny, Figur Membumi di Hulu Sungai Penentu Kemenangan

Sebagai kontestan pilkada yang berkompetisi di Pilgub Kalsel 2020 mendatang, Puar menegaskan Paman Birin sudah mendaftarkan ke seluruh parpol yang membuka lowongan calon.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini menghitung Paman Birin sudah memasukkan berkas lamaran ke Partai Nasdem, PDI Perjuangan, dan PKS. Saat ini, beber Puar, tinggal menunggu agenda pengembalian berkas lamaran ke DPW PAN Kalsel dan DPW PKB Kalsel.

BACA LAGI : Pilgub Kalsel 2020 Diprediksi Jadi Medan Laga Tiga Petarung

“Semua berkas Paman Birin untuk semua parpol sudah disiapkan tim. Jadi, tinggal dikembalikan ke parpol  yang membuka pendaftaran,” tegas Puar.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.