Jadi Produk Andalan, Alalak Utara Buka Sentra Kripik Limau Purut

0

FORUM Komunikasi Wilayah Partisipasi Masyarakat (Forkomwil) Puspa Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalsel dan Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin membuka sentra kripik limau purut di Kelurahan Alalak Utara.

SENTRA itu diberi nama Lanjung Uma dan diresmiskan secara bersama ketiga organisasi itu di Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin Utara, Kamis (14/11/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Alalak Utara, Erni Wahidah mengungkapkan sentra limau purut Lanjung Uma merupakan wadah bersama untuk memfasilitasi masyarakat dalam menampung produk kulinernya.

“Terutama, kripik limau purut yang akan menjadi produk unggulan dari kelurahan ini,” ucap Erni Wahidah.

BACA : Cukup Pasar Sentra Antasari, Jangan Diulang Lagi di Pasar Ujung Murung

Sebelum memproklamirkan sebagai sentra kuliner unggulan, beberapa kali pelatihan dan pendampingan terhadap ibu-ibu potensial digelar di wilayah Alalak Utara.

Setelah melihat potensinya, disepakati dibuat sentra kuliner, khususnya kripik limau purut.

“Sekarang, sudah ada sekitar 25 perempuan potensial yang siap berproduksi,” ujar Rakhmalina Bakhriati, Koordinator Pemberdayaan Masyarakat LK3 Banjarmasin, yang sekaligus Ketua Panitia pelaksana kegiatan Forkomwil Kalsel.

Rakhmalina berharap kegiatan itu akan menjadi solusi mengangkat persoalan ekonomi di masyarakat.

“Dengan berproduksi,  mereka menyiapkan diri menjadi pengusaha kecil dan mkro. Selanjutnya secara bertahap akan terus dilakukan pendampingan, agar konsisten berproduksi, sehingga benar-benar menjadi pelaku UMKM,” papar Rakhmalina. 

BACA JUGA : Jangan Hanya Kejar Tayang, Pembuatan Pokdarwis Harus di Konsep Dengan Baik

Senada itu, Wakil Ketua IWAPI Kalsel Emma berharap dengan adanya sentra ini, masyarakat lebih bersemangat berproduksi, karena setelah menjadi sentra, kripik limau purut yang menjadi andalan  harus selalu tersedia.

“Kami dari IWAPI, akan membantu kegiatan pemasaran agar produk ini lebih dikenal luas dan diminati khalayak,” ucap Emma.

BACA LAGI : Sehari 1,5 Ton Singkong Dipasok Penuhi Olahan Tapai Gambut

Sementara itu, Wakil Ketua Forkomwil Puspa Kalsel Evi Nurmina menambahkan kehadiran Lanjung Uma yang telah diresmikan sebagai sentra kuliner bisa menginspirasi kelurahan lainnya meniru hal serupa dengan inovasi berbeda.

“Kelurahan-kelurahan yang ada di Banjarmasin harus juga membentuk sentra  jenis kuliner lainnya. Pembentukan sentra kuliner, sangat membantu upaya meningkatkan pendapatan masyarakat,” imbuh Evi Nurmina.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.