Rencana Perluasan Gedung Layanan Disabilitas Perpustakaan Palnam

0

TIM VERIFIKASI DAK Subbidang Perpustakaan Perpusnas RI melakukan kunjungan lapangan di Perpustakaan daerah Palnam Provinsi Kalsel. Kegiatan verifikasi ini dilakukan 13-15 November 2019.

KABAG Perencanaan Perpusnas Andin Bondar menjelaskan, verifikasi lapangan bertujuan untuk memastikan bahwa Pemprov Kalsel telah siap untuk dilakukannya perluasan gedung layanan disabilitas di Perpustakaan Daerah Palnam Provinsi Kalimantan Selatan.

“Perluasan layanan disabilitasi akan didanai oleh pemerintah pusat melalui DAK Fisik Subbidang Perpustakaan tahun 2020. Modernisasi layanan ini sekaligus memperlengkapi konsep layanan yang telah dikembangkan oleh Dispursip kalsel yaitu hadirinya layanan perpustakaan modern, baik layanan anak KIDs Library maupun layanan umum untuk menunjang transformasi layanan berbasis inklusi sosial dalam mendorong penguatan budaya literasi masyarakat melalui budaya gemar membaca,” beber Andin.

Kadisprsip Kalsel Nurliani Dardie menyambut baik perluasa layanan disabilitas karena akan mendukung perpustakaan berbasis inklusi sehingga pencapaian pembangunan Kalimantan Selatan. “Kehadiran perpustakaan sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Bunda Nunung, sapaan akrabnya.

Pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan minat literasi masyarakat baik dengan mempercantik perpustakaan, hingga kegiatan literasi yang dapat menjangkau masyarakat terpencil. “Alhamdulillah sudah selesai make over aula Palnam sebelum tenggat waktu,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.