Jemput Bola, Dukcapil Balangan Lakukan Perekaman e-KTP bagi Pelajar SLTA

0

UNTUK meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, khususnya terkait KTP Elektronik (e-KTP)  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan turun langsung ke lapangan.

LOKASI yang dipilih ialah, daerah pelosok yang akses cukup sulit seperti pemukiman komunitas Dayak Meratus yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi dan Halong.

Selain daerah terpencil, tim dari Dukcapil ini juga rutin mendatangi sekolah-sekolah tingkat SLTA sederajat guna melakukan perekaman bagi para siswa yang sudah masuk umur 17 tahun ataupun akan memasuki usia tersebut. Teranyar, ratusan siswa MAN 2 Balangan antre untuk melakukan rekam KTP Elektronik.

BACA: Diikuti 1480 Altet, Pelaksanaan Porkab Balangan Ke-4 Sukses Digelar

Mereka secara bergantian dilayani oleh tiga orang petugas Disdukcapil Kabupaten Balangan yang datang ke MAN 2 Balangan, Desa Layap, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Selasa (12/11/2019) kemarin.

Kepala Dinas Dukcapil Balangan, Hifziani mengungkapkan, mendatangi sekolah untuk melakukan perekaman data e-KTP menjadi salah satu langkah yang diambil Dinas Dukcapil Kabupaten Balangan guna memastikan seluruh warga Balangan akan mempunyai e KTP dan bentuk layanan prima bagi setiap warganya.

“Meskipun sekarang masih berusia 16 tahun, tetapi sudah akan menginjak 17 tahun, tetap diikutsertakan dalam proses rekam KTP-elektronik saat jemput bola di sekolah,” kata Hifziani.

Menurut dia, turun langsung pihaknya ke lapangan ini tidak terlepas dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkait dokumen kependudukan.

Untuk saat ini sendiri, menurut Hifziani, ada lima sekolah yang menjadi sasaran dari program yang digelar rutin oleh Disdukcapil Kabupaten Balangan. Aksi jemput  bola kali ini juga sebagai program Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional II Angkatan XXVI tahun 2019 dari Kepala Disdukcapil Balangan, Hifziani.

BACA JUGA: DPMD Balangan Luncurkan Aplikasi Siskeudes Online

Tiga sekolah sudah telah dilakukan perekaman, yakni SMAN 1 Paringin, SMKN Batumandi, dan MAN 2 Balangan. Dua sekolah sisanya yang juga dijadwalkan pada Bulan November ini yakni SMAN 1 Juai dan SMAN 1 Halong.

“Selain untuk tugas pendidikan, ini juga merupakan program Disdukcapil Balangan untuk mempermudah siswa usia 17 tahun mendapatkan KTP elektronik,” ucap Hifnie.

Perekaman dilakukan pada siswa usia 16 tahun ke atas, sementara mereka yang belum tepat 17 tahun belum bisa mendapatkan blanko KTP Elektronik. Hanya saja direkam lebih dini dan masuk daftar tunggu.

Blanko KTP El yang sudah dicetak untuk siswa pun akan kembali diantar ke sekolah pascaproses verifikasi di kantor Disdukcapil Balangan. “Kami selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kependudukan dan yang terpenting semua pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, akta dan lainnya gratis,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.