Baru 10 Hotel di Banjarmasin Dukung Gerakan Pilah Sampah

0

PARA pemilik atau pengelola hotel dan restoran yang tergabung dalam Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mendukung upaya Pemkot Banjarmasin dalam penanggulangan sampah melalui gerakan nasional pilihan sampah dari sumbernya (GNPSS).

GERAKAN ini pun digaungkan pemerintah kota, usai bertandang ke sekolah-sekolah dengan para pemilik atau pengusaha perhotelan dan restoran yang ada di Kota Banjarmasin di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Selasa (12/11/2019).

Walikota Ibnu Sinu menyebut dari 62 anggota PHRI di Kota Banjarmasin, ternyata baru 10 hotel yang melaksanakan GNPSS dengan menyediakan bak sampah berdasar jenis sampah.

BACA : Bisa Bayar Dengan Sampah, PKBM Baimbai Siap Terima Peserta Didik Difabel

Makanya, orang nomor satu di Balai Kota ini mengingatkan agar PHRI bisa segera menyosialisasikan komitmen bersama yang diteken itu. Dengan begitu, menurut Ibnu Sina, gerakan ini bisa menjadi gerakan bersama dalam mendukung kebijakan pelarangan penggunaan sampah plastik di retail dan gerai modern.

Menurut dia, sampah-sampah yang ada di hotel sudah sepatutnya dipilih, sehingga ke depan Pemkot Banjarmasin sudah bisa menyiapkan armada sampah sesuai peruntukannya. “Jika sampah sudah dipilah berdasar jenisnya dari rumah atau sumber lainnya, kami proses pemilihan sampah akan memudahkan dari segi pengangkutannya,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA : Selama Ramadhan, Volume Sampah Banjarmasin Meningkat 612 Ton per Bulan

Ibnu Sina mengatakan saat ini di sekolah-sekolah yang ada di Banjarmasin sudah menjalankan gerakan pemilhan sampah dengan menyediakan bak atau tong sampah sesuai jenisnya.

“Sebelum dilakukan penindakan tegas kepada pihak yang sengaja membuang sampah tanpa memilahnya, maka perlu edukasi dan sosialisasi. Jika sudah teredukasi, ke depan kami akan mengambil tindakan tegas,” ucap Ibnu Sina didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar.

BACA JUGA : Sampah di Pasar Sentra Antasari Bisa Membawa Berkah

Ketua PHRI Kota Banjarmasin Budi Salim memastikan akan segera menindaklanjuti komitmen merealisasikan GNPSS. Menurut dia, perhotelan dan restoran yang tersebar seantero Banjarmasin sudah sepatutnya melakukan pemilihan sampah dalam mewujudkan kota yang bersih dan nyaman.(jejakrekam)

 

Penulis Ricky Fahriza
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.