ACT

Pilgub Kalsel 2020 Diprediksi Jadi Medan Laga Tiga Petarung

0 1.620

SUKSESI 2020 untuk merebutkan kursi orang nomor satu dan dua di Kalimantan Selatan, diprediksi tak akan menyajikan laga head to head (satu lawan satu) antara petahana Gubernur Sahbirin Noor versus mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM era SBY, Denny Indrayana.

NAMUN, diprediksi akan ada calon alternatif di antara dua kubu yang kini tengah menghangatkan tensi politik di Banua. Nama mantan Walikota Banjarmasin Muhidin, hampir dipastikan akan turut bertarung dalam perebutan kursi bergengsi di Pemprov Kalimantan Selatan itu.

Sekretaris Jenderal Borneo Muda Ahmad Zaki mengungkapkan saat ini justru yang belum terbaca di permukaan adalah figur para mantan wakil bupati sebagai pendamping Denny Indrayana, bukan hanya Habib Abdurrahman Bahasyim atau Habib Banua, sang senator DPD RI utusan Kalsel.

BACA : Tarung 2015 Bisa Terulang, Muhidin Vs Birin, Sultan Khairul Jadi Kuda Hitam

“Justru, nama anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Saiful Rasyid yang merupakan mantan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) serta mantan Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Muhammad Sapi’i merupakan varian yang disodorkan kepada Denny Indrayana,” tutur Ahmad Zaki kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Minggu (11/10/2019).

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Banjarmasin menyakini di saat injury time ketika pendaftaran bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel resmi dibuka KPU, maka Denny Indrayana bakal maju di jalur independen.

BACA : Paman Birin Vs Denny, Figur Membumi di Hulu Sungai Penentu Kemenangan

“Denny Indrayana tentu butuh figur yang menjual di kawasan Hulu Sungai. Nah, jika benar Partai Gerindra, mengusungnya maka pilihannya akan jatuh pada anggota DPR RI Saiful Rasyid yang mantan Bupati HST disodorkan partai itu,” tutur Zaki.

Ia melihat manuver Habib Banua yang condong ingin maju berlaga di pemilihan Walikota Banjarmasin dengan mendekati sejumlah parpol, justru tak akan tertarik berlaga di level provinsi.   “Nah, jika nantinya Denny Indrayana tertutup kans diusung koalisi parpol, maka jalur perseorangan akan jadi pilihan bagi pakar hukum tata negara ini,” ucap Zaki.

BACA JUGA : Kemas Isu dan Bentuk Jaringan, Denny Indrayana Tengah Cari Figur Cawagub

Menurut Zaki, saat ini justru publik belum membaca strategi politik apa yang ditempuh H Muhidin. Apalagi, H Muhidin sendiri merupakan figur yang mampu meraup suara, terbukti dalam Pilwali Banjarmasin 2010 dan Pilgub Kalsel 2015, hingga selisih suaranya dengan sang pemenang, Sahbirin Noor-Rudy Resnawan terbilang tipis.

“Jika Muhidin maju lewat PAN, maka kemungkingan besar yang digandeng adalah Partai Gerindra. Inilah mengapa akhirnya Denny Indrayana diperkirakan maju lewat jalur non parpol itu,” papar Zaki.

Firasat Zaki bahwa sang incumbent, Paman Birin justru pada detik-detik terakhir akan didampingi anggota DPR RI asal PDI Perjuangan dr Sulaiman Umar. Dia menduga manuver yang dilakoni anggota DPRD Kalsel dan juga mantan Wagub Kalsel HM Rosehan Noor Bachri, hanya menguji reaksi publik.

BACA JUGA : Ada Wahid, Iskandar dan Rosehan, Paman Birin : Duet Saya Tergantung Koalisi

Zaki juga ragu jika nama Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) dua periode, Abdul Wahid akan dipilih Paman Birin sebagai partner politik mengarungi laga sengit Pilgub Kalsel 2020 mendatang.

“Inilah mengapa dalam pertarungan di Pilgub Kalsel 2020, bisa diprediksi tetap memunculkan tiga pasangan calon. Yang terkuat tentu Paman Birin dengan sokongan parpol besar, disusul H Muhidin lewat PAN, PKB dan parpol lainnya. Terakhir, Denny Indrayana di jalur indepeden. Kini, tinggal mencari formula siapa yang akan jadi pendamping mereka,” tutur Zaki.

BACA LAGI : Usai Cabup Banjar, Gusti Iskandar Lirik Kans Cagub Pendamping Birin

Sekretaris DPP PKPI Kalsel ini mengungkapkan di masa penjaringan ini, hampir semua bakal calon masih mengutak-atik atau memsimulasikan dari ketiga kandidat itu harus berpasangan dengan siapa di Pilgub Kalsel 2020. “Kita tunggu saja, saat injury time peta politik di Kalsel akan memberi kejutan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.