20 Desa Gelar Pilkades Serentak, DPRD Barito Utara Minta Hormati Hasilnya

0

PESTA demokrasi berlangsung di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Agendanya pada Selasa (12/11/2019) lusa digelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2019.

TERCATAT ada 20 desa yang menggelar pilkades dengan 75 calon kades yang telah ditetapkan panitia pelaksanaan pilkades di beberapa kecamatan di Kabupaten Barito Utara.

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara H Tajeri berharap pilkades serentak ini bisa berjalan demokratis, aman dan lancar. Menurut dia, kewajiban warga desa untuk memilih calon pemimpinnya yang layak memimpin desa.

Oleh sebab itu, terhadap panitia Pilkades agar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, transparan dan akuntabel, serta tidak memihak kepada salah satu calon.

BACA : Tabalong Gelar Pilkades Berbasis e-Voting Pertama di Kalimantan

“Semua calon yang ikut kontestasi pilkades, harus bisa menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif. Apalagi, pilkades ini digelar sedikitnya di 20 desa secara serentak,” kata legislator Partai Gerindra ini kepada jejakrekam.com di Muara Teweh, Minggu (10/11/2019).

Ia mengingatkan ketika sudah mendapat hasil dari pilkades, dengan terpilihnya kepala desa yang meraup suara terbanyak, maka semua kandidat dan tim sukses serta pendukungnya harus legowo atas itu.

BACA JUGA : 20 Desa di Barito Utara Gelar Pilkades Serentak pada 11 September Nanti

“Jangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Sebab, dalam pemilihan, ada yang kalah dan menang merupakan hal biasa. Inilah pentingnya agar demokrasi yang berlangsung di desa bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.