Peduli Santri, ACT Kalsel Distribusikan Satu Ton Beras

0

AKSI Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan distribusikan satu ton beras untuk santri-santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kamis (7/11/2019). Aksi tersebut merupakan implementasi dari Program Beras Untuk Santri (BERISI) dimana sasaran program ini adalah pesantren-pesantren yang berada di pedalaman atau di pelosok yang masih memiliki keterbatasan infrastruktur maupun kebutuhan pangan.

“PONPES Nurul Hidayah berada jauh dari pusat kota dengan kondisi bangunan yang sudah cukup tua, maka program ini sangat layak untuk disalurkan ke sana,” ungkap Zainal Arifin selaku Kepala Cabang ACT Kalimantan Selatan.

Zainal menyebut, di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan ada 215 pondok pesantren yang berdiri dan masih banyak yang dalam kondisi prasejahtera. “Program ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan pangan santri serta turut membantu perjuangan para santri dalam menuntut ilmu dan meluaskan dakwah mereka,” ujarnya.

Kepala Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Yusdi Sofiani, menyampaikan terima kasih atas bantuan BERISI dari ACT. “Alhamdulillah bantuan ini akan kami gunakan buat keperluan santri yang ada disini,” ucapnya. “Semoga program BERISI ini lancar dan bisa menyapa lebih banyak pondok pesantren di Indonesia khususnya yang ada di Kalimantan Selatan ini,” imbuhnya.

Yusdi mengatakan rata-rata yang masuk dan belajar di Ponpes Nurul Hidayah ialah santri dari kalangan menengah ke bawah. “Selain itu, banyak dari mereka tidak lagi mempunyai orang tua (meninggal dunia), namun di sini kami ajarkan mereka untuk saling berbagi satu sama lain,” jelasnya.

Ponpes Nurul Hidayah mempunyai jumlah santri laki-laki dan perempuan sebanyak 844 orang dan tidak semua dari mereka bisa mondok karena kapasitas bangunan sudah penuh. “Total santri yang mondok sebanyak 210 santri, 60 santri perempuan dan 150 santri putra,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Fathoni (ACT)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.