ACT

Guru ‘Bolos’ Mengajar di SDN Tampakang, Disdik HSU Siapkan Sanksi

0 1.874

KONDISI Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tampakang, Kecamatan Paminggir, memprihatinkan. Sekolah yang berada di daerah pelosok Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini dikabarkan telah ditinggalkan para guru yang berkewajiban mengajar para siswa.

HAL ini diungkapkan warganet dalam akun facebooknya, Sulaiman Yusuf Fatih Mansur lengkap dengan foto kondisi sekolah pada Jumat (8/11/2019). Sulaiman pun menulis di dinding pribadinya pada Jumat (8/11/2019), tak seorang guru pun hadir. Kantor pun kosong, perumahan guru terkunci, kelas-kelas tanpa guru, dan murid berhamburan di luar.

“Akhirnya siswa pulang dengan sendirinya. Sebagian wali murid mulai memindahkan anak mereka ke sekolah lain,” tulis Sulaiman.

BACA : Cek Sekolah, Tim Disdik Barut Temukan Guru PNS Bolos

Unggahan Sulaiman ini langsung direspon Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSU, H Rahmat. Saat dikonfirmasi jejakrekam.com, Jumat (8/11/2019) di Amuntai, Rahmat memastikan akan segera menindaklanjuti keluhan warga Desa Tampakang, Paminggir, dengan meninjau langsung  kondisi sekolah itu.

“Disdik HSU memang saat ini kekurangan pengawas sekolah se-Kabupaten HSU. Bahkan, di Kecamatan Paminggir tidak ada pengawas sekolahnya,” ujar Rahmat.

BACA JUGA : Kondisi Sekolah Pinggiran dan Pusat Kota Banjarmasin Masih Jomplang

Ia memastikan akan memberikan sanksi tegas bagi guru yang meninggalkan tugas mengajar, akibatnya para siswa dirugikan karena harusnya mendapat pembelajaran dari para pendidik itu.

“Bagi guru yang meninggalkan tugas di sekolah itu, jelas akan kami sanksi. Sanksinya akan disesuaikan dengan aturan sebagai aparatur sipil negara (ASN). Sanksi dikenakan berjenjang, akan kita lihat klarifikasinya. Apakah nanti akan dikenakan sanksi pelanggaran berat, sedang atau ringan. Itu akan diputuskan usai melakukan pemeriksaan,” tandas Rahmat.(jejakrekam)

 

Penulis Muhammad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.