ACT

Terdampak Proyek Gedung Parkir Duta Mall, Warga Hanya Bisa Pasrah

0 448

PUSAT perbelanjaan modern terbesar di Kalimantan Selatan, Duta Mall Banjarmasin tengah membangun gedung parkir baru setinggi 11 lantai. Direncanakan, gedung parkir bakal rampung pada pertengahan 2020 mendatang.

HANYA saja, pembangunan gedung parkir yang dikelola Govindo Group ini tak ayal membuat pemukiman warga di sekitar lokasi proyek merasa terganggu. Terutama di kawasan Jalan Veteran Gang V, Kelurahan Melayu dan sekitarnya.

Pantauan jejakrekam.com, Selasa (5/11/2019) di lapangan, sejumlah rumah warga tampak retak-retak. Kondisi jalan di pemukiman warga terjadi penurunan, meski pun sudah diperbaiki, akses bagi warga sekitar itu tak bisa mulus 100 persen.

Salah satu warga di sekitar proyek, Daeng mengatakan keluhan warga atas imbas dari pembangunan proyek gedung parkir justru tidak ditanggapi secara serius oleh manajemen Duta Mall. “Terasa getarannya Mas! Apalagi para pekerja proyek bisa sampai tengah malam bekerja,” ucap Daeng kepada jejakrekam.com, Selasa (5/11/2019).

BACA : Walikota MintaTarif Parkir Duta Mall Dikaji, Dishub Nilai Sudah Sesuai Perda

Ia merasa terganggu dengan kebisingan alat berat selama pembangun gedung parkir setinggi 11 lantai ini, namun merasa bersyukur rumahnya tidak sampai mengalami keretakan berarti.

Daeng menyebut pihak manajemen Duta Mall sempat berjanji bakal memberikan kompensasi kepada warga. Namun, hingga saat ini, janji itu belum juga terealisasi. “Ya, paling cuma dikasih bingkisan parcel saja waktu lebaran. Setelah itu tak ada kabarnya. Kayanya kami pasrah saja sudah, mudahan cepat selesai proyek itu,” imbuh dia.

Lantas bagaimana tanggapan dari manajemen Duta Mall atas keluhan warga? Operation Manager Duta Mall Yenni Purwanti menyanggah anggapan pihaknya membiarkan dampak proyek, tanpa memberikan kompensasi kepada warga.

BACA JUGA : YLK Kalsel Tuding Pemkot Banjarmasin Condong Pro Duta Mall

Yenni menyebut pihaknya menanggapi serius tuntutan dari warga yang terdampak pembangunan proyek setinggi 11 lantai ini. Ia mengakui pembangunan proyek gedung setinggi 11 lantai ini berimbas langsung dan tidak langsung kepada warga seputaran kawasan Duta Mall.

“Jadi, ada beberapa warga juga kita komunikasikan, sudah ada jadwal perbaikan (rumah), dan tidak ada pembiaran. Mungkin sedikit ada miss komunikasi saja,” sanggah Yenni.

Menurut Yenni, jalan yang rusak akibat imbas proyek pembangunan ini, persentase jalan yang sudah diperbaiki mencapai 80 persen telah selesai.

“Memang ada beberapa warga yang ingin menunda rumahnya direnovasi setelah proyek itu rampung. Itu semua tergantung permintaan warga itu sendiri, nanti setelah selesai penggalian, supaya tidak bolak balik perbaikan,” urai Yenni.

BACA LAGI : DPRD Banjarmasin Nilai Pembangunan Duta Mall Abaikan Keselamatan Masyarakat

Ia menjamin Duta Mall akan memperbaiki bangunan milik warga yang terdampak akibat proyek pembangunan gedung parkir.

“Kami sudah ada koordinasi lansung baik melewati RT maupun  warga yang datang menemui ke tempat kami. Sebenarnya kami terbuka. Kadang-kadang, ada tim kami datang ke area itu untuk mengecek yang terkena dampak dan menjadwalkan untuk diperbaiki,” ungkap Yenni.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.