ACT

Kemenkumham Kalsel Gelar Lomba Kadarkum

0 83

MEMANTAPKAN dan meningkatkan kesadaran hukum agar tercipta masyarakat yang cerdas dan patuh terhadap hukum, Kanwil Kemenkumham Kalsel menggelar lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2019, Selasa (5/11/2019) di Auditorium H Idham Zarkasi SH, Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

KAKANWIL Kemenkumham Kalsel Agus Toyib mengatakan, ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwal untuk tahun 2019 selain kegiatan lainnya, seperti bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin, penyuluhan sadar hukum untuk pelajar, serta pameran peningkatan masyarakat sadar hukum melalui kegiatan legal expo.

“Pentingnya kesadaran hukum sendiri menjadi bagian yang krusial di lingkungan sosial masyarakat, terutama indeks peningkatan pelanggaran hukum yang bisa kita tekan salah satunya melalui penyuluhan hukum di daerah,” katanya.

Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel Siswansyah mengatakan, pelanggaran hukum yang bergejolak di masyarakat salah satunya kurangnya kesadaran hukum yang dibangun.

“Mari kita membangun budaya hukum serta mengubah mental bangsa yang cenderung toleran terhadap pelanggaran hukum, dengan mengarahkan masyarakat menjadi cerdas hukum, yang sadar akan kewajiban dan haknya, serta mengerti mana yang salah dan benar dalam melakukan sesuatu tindakan,” bebernya.

Lomba Kadarkum ini terbagi dalam dua sesi, yakni babak penyisihan dan babak final, yang akan menghasilkan tiga pemenang. Pemenang pertama tingkat lrovinsi akan mengikuti lomba Kadarkum tingkat nasional mewakili Kalsel, yang akan dilaksanakan di Jakarta pada April tahun 2020 mendatang.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.