Jelang MTQ Tingkat Provinsi, LPTQ Gelar Musda

0

BIRO Kesra Setdaprov Kalsel, Kanwil Kementerian Agama Kalsel, LPTQ Kalsel, serta LPTQ Kotabaru menggelar Musyawarah Daerah Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalimantan Selatan Tahun 2019.

PLT KABIRO Kesra kalsel Mujiyat menyampaikan, bahwa tujuan pelaksanaan Musda LPTQ adalah merumuskan, mengidentifikasi masalah, dan menetapkan langkah-langkah peningkatan kualitas dan efektivitas penyelenggaraan MTQ/STQ, menyusun program kerja LPTQ Kalsel, serta merespon persoalan-persoalan aktual yang dihadapi LPTQ dan persoalan umat pada umumnya dalam konteks pemeliharaan kesucian Alqur’an.

Diungkapkannya, peserta Musda LPTQ terdiri dari pengurus LPTQ Kalsel, LPTQ kabupaten dan kota se-Kalsel, serta instansi terkait yang secara keseluruhan berjumlah 80 orang. Tema yang diangkat melalui Musda atau Rakerda LPTQ Tahun 2019 ini adalah “Kita Tingkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pelaksanaan MTQ di Provinsi Kalimantan Selatan”.

Ada yang menarik dalam sidang komisi, terkait pelaksanaan MTQ, apakah mengikuti penyelenggaraan MTQ secara nasional, yakni MTQ pada tahun genap dan STQ pada tahun ganjil. “Hal ini tentunya perlu dibahas secara intensif, terkait efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan MTQ, demi upaya kita bersama dalam meningkatkan syiar Islam dan membumikan Alqur’an” ujar Mujiyat di sela sidang komisi.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi mengatakan, pelaksanaan Musda LPTQ adalah bukti kesiapan dan keseriusan Pemkab Kotabaru dalam menyelenggarakan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-32 Tahun 2019. “LPTQ sebagai lembaga yang bertanggungjawab dalam pengembangan, pembinaan dan penghayatan nilai-nilai Alqur’an agar terus meningkatkan perannya agar LPTQ semakin diakui keberadaannya oleh masyarakat,” harapnya.

MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-32 akan digelar pada 3 hingga 9 November 2019, dengan berbagai cabang lomba, yang diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota se-Kalsel, yang hasilnya akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2020.

Dalam sidang pleno terakhir dalam Musda yang digelar di Gedung Paris Barantai Kabupaten Kotabaru tersebut, menetapkan Tanah Bumbu sebagai tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-33 Tahun 2020.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.