BPJS Kesehatan Banjarmasin Berikan Manfaat Tambahan Bagi Peserta JKN-KIS

0

MENJADI peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak hanya menikmati fasilitas kesehatan saja, tapi juga manfaat lainnya.  Misalnya, penggunaan kartu JKN untuk menikmati fasilitas pendukung yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

KEPALA BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Tutus Novita Dewi menghimbau, kepada Mitra Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan di Provinsi Kalsel untuk dapat menggunakan layanan Supply Chain Financing (SCF).

Program SCF bagi Mitra Faskes BPJS Kesehatan merupakan layanan pembiayaan oleh bank. Secara khusus program ini diberikan kepada mitra BPJS Kesehatan untuk membantu mempercepat penerimaan pembayaran klaim kesehatan. Caranya dengan pengambilalihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran.

BACA: Iuran BPJS Kesehatan Naik, DPRD Kalsel Sebut Kebijakan Menyakiti Masyarakat

“Seperti kita ketahui bersama, saat ini BPJS Kesehatan mengalami defisit anggaran, sehingga terkadang sulit untuk membayar tepat waktu sesuai kesepakatan. Nah agar Cash Flow keuangan Mitra Faskes BPJS Kesehatan tidak terganggu, kami menawarkan fasilitas SCF ini,” ungkapnya disela Media Gathring BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin.

Sejauh ini sudah ada 9 Rumah Sakit yang mengambil fasilitas SCF di Kalsel. Diantaranya RSUD Idaman Banjarbaru, RS Islam Banjarmasin, RS Sari Mulia Banjarmasin, RS Aveciana Martapura, RS Danau Salak, SR Ainun Pelaihari, RS Mawar Banjarbaru, RS Mariana Permata Batulicin dan RS Paradise Batulicin.

Ada pun perbankan yang memberikan fasilitas SCF kepada Mitra Faskes BPJS Kesehatan di Kalsel sendiri jumlahnya mencapai 28 perbankan, termasuk perbankan daerah.

“Menggunakan fasilitas SCF ini sebenarnya tidak membuat Mitra Faskes BPJS Kesehatan rugi, karena bunga yang ditanggungnya dibawah 1 persen perbulan. Sedangkan BPJS Kesehatan membayar denda ke Mitra Faskes yang tertunggak sebesar 1 persen perbulan. Jadi tetap ada selisih yang menguntungkan,” tambahnya.

BACA JUGA: Lebaran 2019, BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS Tetap Prima

Bagi Mitra Faskes BPJS Kesehatan yang tidak menggunakan fasilitas SCF, dirinya mengaku tidak mempermasalahkannya. Artinya mitra malah dinilai bagus dalam menjaga Cash Flow Keuangannya, walau pun terkadang BPJS Kesehatan tidak membayarkan klaim secara tepat waktu.

“Tapi jika terjadi masalah di Cash Flow keuangannya dan malah protes ke kami, ini kan jadi pertanyaan juga, kenapa tidak mau menggunakan fasilitas SCF yang sudah kami dan perbankan tawarkan,” tegasnya.

Selain terus berupaya mensosialisasikan fasilitas SCF kepada Mitra Faskes BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin juga terus melakukan terobosan untuk mendorong pembayaran yang rutin dari peserta penerima manfaat.

Salah satunya dengan memberikan sejumlah diskon menarik di sejumlah hotel di Kalsel, bagi peserta penerima manfaat yang terus menjaga agar kartunya tetap aktif.

“Saat ini kita baru melakukan kerjasama dengan Hotel Mercure, Golden Tulip, Piramid Suite dan Novotel Banjarbaru. Diskon yang diberikan mulai dari 10-20 persen kepada peserta penerima manfaat yang memiliki Kartu BPJS Kesehatan dalam kondisi aktif,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.