Lakoni Strategi Dua Kaki, Dekati Parpol, Riza Jihadi Siapkan Jalur Independen

0

GAGAL berlaga pada Pilkada Balangan 2015 silam, kini mantan komisioner KPU Kalsel Muhammad Riza Jihadi ingin menebusnya di suksesi 2020 mendatang. Mantap menggandeng Muhammad Arsyad, Riza pun mengambil formulir di sejumlah parpol, termasuk Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

NAMA Riza Jihadi pun meramaikan bursa bakal calon yang kini mulai mengemuka di Bumi Sanggam. Ada calon petahana, Bupati Balangan H Ansharuddin dan Wabup Balangan Syaifullah, hingga Wakil Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi sudah serius menjajaki langkah menuju laga Balangan 1 dan 2.

Kepada awak media di Paringin, Selasa (15/10/2019), Riza Jihadi mengatakan sesuai keputusan tim perumus pemenangannya, dirinya memilih duet H Muhammad Arsyad sebagai bakal calon wakil bupati. “Kami akan maju melalui jalur independen. Ini tak terlepas dari dukungan masyarakat yang cukup deras mengalir kepada kami,” ucap Riza Jihadi.

BACA : Pilkada Balangan 2020, Koalisi PPP-PDIP Makin Menguat

Bukti keseriusan, disebutkan Riza Jihadi adalah dengan melakukan pengumpulan fotokopi e-KTP warga Balangan sebagai syarat dukungan.“Alhamdulillah, kami telah mengumpulkan fotokopi e-KTP ribuan lembar. Kami yakin syarat maju independen akan terpenuhi,” beber mantan Ketua KPU Balangan ini.

Menariknya, meski memilih jalur non parpol, ternyata Riza Jihadi ternyata juga mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah di DPD Partai Nasdem Balangan, beberapa waktu lalu. Langkah Riza Jihadi ini pun disebut-sebut melakoni strategi dua kaki.

Sebelumnya, sejak dibuka 23 September 2019, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Balangan sudah mengeluarkan 7 formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah 2020.

Di antaranya ada empat orang yang telah mengembalikan  formulir, Wakil Ketua DPRD Balangan Abdul Hadi, Sekretaris DPD Nasdem Balangan Rizkan yang juga anggota DPRD Balangan, dan satu utusan dari Kabupaten Banjar.

BACA JUGA : Pilkada Balangan 2020, Ansharuddin Pilih M Noor Iswan

Syaripuddin selaku Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai Nasdem Balangan, mengungkapkan pendaftaran berlaku hingga 23 Oktober 2019 mendatang.

“Mengenai penjaringan untuk Pilkada Balangan 2020, Partai Nasdem punya tujuan untuk mempererat antara dengan partai lain. Kami juga ingin  mendapatkan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk periode 2020-2025 yang berkualitas dan siap berkerja keras untuk masyarakat Balangan,” pungkasnya.

Untuk sekadar mengingatkan, dalam Pilkada Balangan 2015 lalu, berdasar hasil rekapitulasi KPU sebagai jawara adalah duet Ansharuddin-Syaifullah dengan merogoh suara 25.064. Sebagai runner up, paslon Dimas Febriandie-HM Yusuf dengan 15.636 suara, duet H Riduan Darlan-Rusli Abbas dengan 9.656 suara dan pasangan H Suhardi-H Sabirin dengan 9.244 suara.(jejakrekam)

 

Penulis Gian
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.