Samakan Persepsi Terkait Tupoksi, Anggota Dewan Balangan Ikuti Orientasi Tugas

0

SELURUH  anggota DPRD Balangan mengikuti orientasi tugas untuk anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan yang digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

KETUA DPRD Balangan, Ahsani Fauzan memaparkan, kegiatan orientasi ini sangat penting untuk diikuti para anggota legislatif dalam menjalankan tupoksi (tugas,fungsi dan pokok) anggota dewan.

“Orientasi ini sebenarnya hak dan kewajiban anggota dewan, apalagi anggora DPRD Balangan periode ini banyak yang baru, maka saya nilai orientasi sangat penting diikuti, dan yang anggota dewan lama saya kira tidak salah untuk mengulang kaji,” ujarnya.

BACA: Diperlukan Rp 3,6 Miliar untuk Perbaikan Jalan Amblas di Lampihong

Dari materi yang disampaikan pada sesi pertama, Fauzan menilai banyak informasi dan pengetahuan yang bisa diambil oleh para anggota dewan, diantaranya bagaimana memahami seutuhnya kerangka dasar Pancasila, dan undang-undang dasar yang didalamnya juga menyangkut tugas-tugas legislatif.

“Kita dituntut bagaimana aktualisasi dari NKRI itu, dan tunjukkan bahwa kita ini memiliki pemahaman pancasila yang utuh dan tidak hanya sekedar seremoni tapi betul-betul menunjukkan dan menghargai yang namanya perbedaan pendapat, menghargai masukan serta juga menghargai subtansi dari Pancasila undang-undang dan demokrasi,”bebernya.

Sebelumnya, masa orientasi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang diwakili oleh asisten 1 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah.

Pentingnya masa orientasi ini menurut Siswansyah, guna memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi DPRD di kabupaten/kota.

BACA JUGA: DPRD Balangan Gelar Paripurna Tetapkan Rencana Kerja Tahun 2020

“Fungsi legislasi yaitu produk hukum daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan itu mereka harus tahu itu, tiga fungsi itulah yang harus diketahui, nantinya akan bekerjasama dengan kepala daerah di masing-masing kabupaten kota,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia orientasi tugas DPRD kabupaten kota tahun 2019, Abdul Haris menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota DPRD kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, yang dibagi dalam 13 angkatan, dan di laksanakan selama 4 hari.

Adapun materi dalam masa orientasi tugas dewan ini dikatakan Abdul Haris, diisi beberapa mata pelatihan, yaitu kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Fungsi, Tugas dan Wewenang serta Hak dan Kewajiban DPRD.

“Tenaga pengajar dari badan keuangan daerah, badan pengembangan dan pembangunan daerah kalimantan selatan, serta dari komisi pemberantasan korupsi (KPK),” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.