Pasokan Melimpah, Harga Bawang Putih dan Merah Kembali Normal

0

DALAM sepekan ini, harga bawang merah dan putih kembali turun di sejumlah pasar tradisional di Banjarmasin. Hal ini terlihat seperti di Pasar Harum Manis (Pasar Lima) dan Pasar Sentra Antasari.

DUA komoditas pertanian yang didatangkan kebanyakan dari luar Kalsel itu, harganya normal setelah pasokannya cukup membanjiri pasar-pasar tradisional yang menyediakan bahan bumbu masak itu.

“Beberapa daerah penghasil telah panen raya, sehingga pasokan bawang merah dan putih di Pasar Harum Manis ini cukup melimpah. Tentunya, harganya pun terpengaruh, hingga kembali normal,” ucap H Faisal, pedagang bawang di Pasar Harum Manis kepada jejakrekam.com, Sabtu (12/10/2019).

Kini, menurut dia, harga bawang merah berkisar Rp 11 ribu hingga Rp 11.500 per kilogram, jauh dibandingkan dengan harga yang berlaku pada sebulan lalu. “Yang agak tinggi itu, harga bawang putih masih berkisar Rp 13.500 per kilogram. Namun dibandingkan pada bulan lalu, harganya sempat menembus Rp 15 ribu per kilogram,” tutur H Faisal.

Turunnya harga bawang merah dan putih ini juga disyukuri Hj Halimah. Salah satu pelanggan di toko H Faisal ini mengungkapkan bisa membeli dalam jumlah banyak, karena harga bawang merah dan putih yang kembali normal.

“Ya, dibandingkan pada bulan lalu, harganya sangat mahal. Makanya, kami tak berani membeli dalam jumlah banyak. Secukupnya lagi untuk dijual kembali di warung,” kata Hj Halimah.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.