Pemkab Barito Utara Berencana Angkat Kerangka Kapal Onrust

PEMKAB Barito Utara berencana mengangkat bangkai kapal Onrust dan akan dijadikan monumen sejarah Barito Utara.

RABU (2/10/2019), Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Sekdakab Barito Utara Jainal Abidin mengunjungi kerangka Kapal Onrust milik Belanda yang ditenggelamkan pada Perang Barito pada 26 Desember 1859 silam, di Lalutung Tour.

“Saya atas nama Pemkab Barito Utara mengucapkan penghargaan dan terimakasih kepada pahlawan yang telah berjasa mengorbankan jiwanya dalam memperjuangan kemerdekaan,” kata Nadalsyah.

Pihaknya terinspirasi untuk membuat museum dan berupaya memindahkan kerangka kapal tersebut. Pemerintah daerah juga akan melakukan pendataan aset sejarah yang berhubungan dengan perjuangan Tumenggung Surapati.

Sekdakab Barito Utara Jainal Abidin mengusulkan untuk membuat miniatur Kapal Onrust agar bisa menjadi ikon cinderamata untuk wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga H Arbaidi mengatakan, saat Sungai Barito surut, lokasi tenggelamnya Kapal Onrust banyak dikunjungi masyarakat.

“Kami mendukung kebijakan dan petunjuk Bupati Barito Utara untuk menjaga dan mengembangkan aset ini menjadi salah satu dari aset sejarah dan aset pariwisata di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” katanya.(jejakrekam)