Jelang MTQ, Qori dan Qoriah Kabupaten Banjar Ikuti Training Center   

SEBANYAK 50 Qori-Qoriah Kabupaten Banjar mengikuti Training Center (TC) jelang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXXII tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Kotabaru pada 2 hingga 9 November 2019.

KEGIATAN TC dibuka Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Banjar, Kamis (3/10/2019). TC ini  diikuti 50 qoro dan qoriah mulai  3 sampai 7 Oktober 2019, di Aula Jeddah Asrama Haji Banjarbaru.

Qori-qoriah ini mendapat pelatihan tentang seni membaca Al Qur’an, diantaranya, tartil Al Qur’an, teknik pernafasan, makhrojul huruf yang benar, seperti lagu atau nada untuk membaca Al Qur’an.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur mengatakan,   agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini berlatih dengan serius. Sebab menurutnya, pemusatan latihan (TC) ini sangat penting guna meningkatkan mutu dan kualitas seni baca dan pemahaman Al-Quran.

“Saya minta agar semuanya lebih fokus, tingkatkan rasa percaya diri, dan bekali dengan disiplin tinggi. TC ini sangatlah agar persiapan Qori maupun Qoriah semakin matang sebekum mengikuti MTQ di Kotabaru,” jelasnya (3/10/2019).

Saidi pun berharap para Kafilah yang mewakili Kabupaten Banjar bisa menjadi juara umum dan mengharumkan nama daerah. Apalagi kemampuan para qari-qoriah Kabupaten Banjar diatas rata-rata. “Saya menghimbau agar para kafilah Ikuti TC dengan serius, jaga kesehatan, sebab satu bulan lagi MTQ di Kotabaru akan berlangsung,”imbaunya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, H Izzuddin mengatakan, TC dapat menjadi evaluasi dan bahan informasi bagi qori dan qoriah. “Kita berharap qori-qoriah terus belajar agar prestasi bisa naik ke tingkat nasional. Melalui TC inilah kemampuan semakin terasah menjadi lebih baik,” imbuhnya.(jejakrekam)