Ratusan Massa Sambangi DPRD, Supian HK Janji Mundur Jika Tak Tapat Janji

SEKITAR 700 orang demonstran dari Aliansi Gelombang Rakyat, Senin (30/9/2019) pagi kembali berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Kalsel, hingga memenuhi ruas Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

DENGAN pengawalan ketat aparat kepolisian, massa yang dikomandani Ridho,  melontarkan sejumlah tuntunan, diantaranya, desakan penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) KPK hingga setop kriminalisasi pers.

Kemudian, menuntut pihak pemerintah melakukan perombakan dan pengkajian ulang terhadap RUU KUHP, dan menolak RUU Pertanahan serta mendesak pemerintah bersama DPR RI melakukan pembahasan ulang agar mengakomodir aspirasi masyarakat kecil.

BACA: DPRD Kalsel Akuri 10 Tuntutan, Ingkar Janji Mahasiswa Ancam Demo Lagi

Selain itu, mendesak pemerintah agar segera membentuk lembaga independen pelaksana reformasi agraria nasional untuk penyelesaian konflik yang masih terjadi. Lantas juga menuntut pertanggungjawaban atas terluka hingga gugurnya peserta aksi di beberapa titik daerah se-Nasional.

Selain itu, meminta menyetop kriminalisasi aktivis dari segala sektor dan menuntut pihak berwajib untuk menghukum dengan tegas para oknum yang bertanggung-jawab. Massa juga turut menyuarakan gerakan penyelamatan Pegunungan Meratus.

” Saya himbau seluruh elemen masyarakat Kalsel untuk tidak menyerah dengan ketidakadilan dan jangan pernah takut untuk melawan kebatilan,” teriak Ridho disambut riuh para pendemo yang juga disaksikan sejumlah anggota DPRD Kalsel yang baru dilantik  sebelum membubarkan diri pada Pukul 1.30 Wita.

BACA JUGA: Takut Anarkis, Polisi Larang Mahasiswa Masuki Gedung DPRD Kalsel

Ketua definitif DPRD Kalsel H Supian HK yang juga turun menemui massa sempat memberikan Janji manis, kepada pengunjukrasa. Ketua DPRD Kalsel yang baru beberapa jam diambil sumpahnya itu menyatakan siap mundur jika Pegunungan Meratus disentuh oleh pihak luar seperti  pertambangan batu bara atau lainnya.

“Saya berjanji  akan memperjuangkan aspirasi anda. Saya berjanji akan mundur dari jabatan saya apabila tidak menepatinya,” tandas kata Supian HK kepada pendemo.

Namun janji yang dilontarkan H Supian HK, justru mendapat tanggapan pedas salah satu massa yang meminta kepada para wakil rakyat itu untuk tidak terlalu banyak berbohong kepada rakyatnya. Sebab rakyat memilih wakilnya di DPRD Kalsel karena percaya bisa memperjuangkan rakyat.

“Apabila bapak anggota dewan tidak menepati janji, Jangankan yang di Kalsel, yang di DPR RI pun akan kami turunkan,” tandasnya lagi.(jejakrekam)