Danrem 101/Antasari Beri Motivasi kepada Peserta PPK

0

SMA Negeri 2 Banjarmasin merupakan salah satu SMA favorit/unggulan di Kalimantan Selatan. Tercatat pada tahun ini siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin sebanyak 1.270 siswa yang terbagi dengan 37 kelas, terdiri dari kelas 10 ada13 kelas, kelas 11 ada 12 kelas, dan kelas 13 ada12 kelas, selain kelas Mipa, Bahasa dan IPS juga memiliki ciri khas, yaitu adanya Kelas Khusus Olahraga (KKO).

PENGUATAN Pendidikan Karakter (PPK) adalah program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi) dan olah raga (kinestetik) sesuai dengan falsafah Pancasila.

SMAN 2 Banjarmasin pada tahun pelajaran 2019/2020 juga menyelenggarakan program PPK bagi siswanya dengan materi wawasan kebangsaan, psykologi remaja, narkoba, kesehatan produksi remaja, bijak bermedsos dan strategi kewirausahaan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Banjarmasin H Bakhtiar, Rabu (25/9/2019).

Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed berkesempatan memberikan motivasi kepada peserta PPK yang diwakili oleh kelas 10 dan 11 SMAN 2 Banjarmasin.

Danrem menegaskan bahwa sumber daya manusia sebagai pendukung utama dalam pembangunan karakter bangsa yang kita miliki. Untuk memenuhi SDM tersebut, pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting demi kemajuan bangsa Indonesia.

Dalam menumbuhkan karakter bangsa sejauh ini bangsa Indonesia melakukan beragai upaya, salah satunya melalui penerapan kurikulum mengenai pendidikan karakter disekolah, penerapan ini menghimbau agar bangsa Indonesia sejak dini sudah memiliki karakter yang kuat dalam kehidupannya, sehingga dimasa mendatang mereka sudah tercetak menjadi orang yang berkepribadian tinggi.

Seseorang akan memiliki kepribadian yang tinggi jika seseorang tersebut mampu membangun karakter yang dimilikinya serta berusaha untuk menjadi seseorang yang mampu berguna bagi orang lain.

“Maka dari itu membangun karakter bangsa dalam pendidikan merupakan sesuatu yang tidak mudah, karena hal ini menyangkut pada watak seseorang dan watak seseorang tersebut berbeda dari individu yang satu dengan individu yang lain. Tentu saja pendidikan karakter menekankan akan perubahan sikap dan perilaku kearah yang lebih baik,” ujar Danrem.

Dalam acara tersebut salah satu peserta menanyakan tentang kunci sukses dalam kehidupan dan dijawab oleh Danrem adalah Disiplin.
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.

“Oleh karena itu saya minta anak-anakku harus bisa disiplin, baik itu disiplin waktu, disiplin kerja, disiplin belajar dan lain sebagainya, pegang itu disiplin pasti akan sukses. Cita-citalah mulai dari membentuk karakter dengan memperkuat akhlak, budi pekerti serta jangan sampai mengecewakan orang tua,
Buatlah bangga orang tua kalian,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.