Pengelolaan Pengaduan di RSUD dr HM Ansari Saleh untuk Perbaikan Pelayanan

STAF dan karyawan RSUD dr HM Ansari Saleh mengikuti bimbingan teknis pengelolaan pengaduan yang dilaksanakan oleh BTrust, suatu lembaga konsultan dari Bandung, didukung Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan dan Pemprov Kalimantan Selatan, Rabu (25/9/2019).

KEGIATAN yang diikuti lebih dari 100 peserta tersebut, dibuka Direktur RSUD dr HM Ansari Saleh, DR dr Izaak Zoelkarnain. Dalam sambutannya, disampaikan tentang sejumlah perkembangan dan prestasi yang sudah dicapai RSUD dr Ansari Saleh dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.

Hadir sebagai pemateri, Iqbal dari BTrust, menyampaikan tentang pengelolaan pengaduan dan aplikasi Lapor. Dalam paparannya, Iqbal mengingatkan bahwa laporan yang disampaikan masyarakat, dapat menjadi bahan penyusunan kebijakan, sehingga pengelolaan pengaduan sangat penting guna mendapatkan input untuk perbaikan pelayanan.

BACA : Raih 335 Poin Lebih, RSUD Ansari Saleh Kembali Raih Akreditasi Paripurna

Narasumber lainnya, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan Noorhalis Majid. Menyampaikan tentang pengalaman Ombudsman mengelola pengaduan. Teknik menghadapi berbagai tipe pelapor, dan bagaimana mengelola laporan agar menjawab kebutuhan masyarakat serta berujung pada perbaikan pelayanan publik.

Acara pelatihan juga diisi dengan role play atau bermain peran. Memerankan bagaimana menghadapi pelapor dengan berbagai tipe. Noorhalis menyampaikan sejumlah contoh kasus pengaduan di rumah sakit sebagai bahan role play. Peserta antusias dan aktif terlibat dalam bermain peran.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani