Staf Ahli BNPB: Satgas Harus Lebih Serius Tangani Karhutla

0

STAF Ahli BNPB Mayjen TNI (Purn) Komaruddin S meminta Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kalsel ekstra serius lagi terhadap karhutla yang melanda wilayah Kalimantan Selatan, sebelum terlambat seperti wilayah Indonesia lainnya.

HAL itu ditegaskan Komaruddin kepada Wadan Satgas Karhutla Kalsel Kolonel Inf M Syech Ismed dan Kepala BPBD Kalsel Wahyudin, saat mendampingi Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo pada peninjauan karhutla di Guntung Damar, beberapa hari lalu.

Dia meminta Satgas Karhutla harus ekstra serius menangani karhutla berupa koordinasi semua lembaga, elemen masyarakat dan bertindak taktis di lapangan untuk menangani kebakaran hutan dan lahan.

“Perhatian sudah ditunjukkan Presiden yang memimpin secara langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan berkantor di tempat kejadian. Namun juga perlu ditindak mereka yang menjadi penyebab adanya karhutla. Siapa mereka? Saya yakin aparat sudah tahu para perusak lingkungan itu,” kata Komaruddin yang pernah menjabat sebagai Danrem 101/Antasari.

BACA : Tokoh Dayak Protes Peladang Tradisional Jadi Kambing Hitam Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan secara sengaja, menurutnya, merupakan tindakan perusakan bumi yang dilarang berdasarkan ajaran agama.

“Di Indonesia, bencana kabut asap tak hanya melanda wilayah Kalimantan Selatan, tapi juga telah mengganggu provinsi lainnya. Ini semua akibat ulah manusia,” katanya.

Ia mewanti-wanti agar upaya pencegahan ini terus dilakukan setiap tahun agar kejadian serupa tidak kembali terjadi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.