ACT

Relawan Rumah Zakat Bagikan 1.000 Masker untuk Warga Palangka Raya

0 72

RUMAH Zakat Action dalam giat tanggap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Palangka Raya, membagikan sebanyak 1.000 masker kepada warga terdampak kabut asap.

PEMBAGIAN masker dilaksanakan di dua titik. Pertama untuk pengguna jalan yang melintas di kawasan Jalan Adonis Samad dan Bundaran Burung, dan yang kedua untuk jamaah shalat Jumat di Masjid Darussalam Kota Palangka Raya.

Koordinator Lapangan Aksi Tanggap Karhutla Rumah Zakat Action, Misran Fauzi, mengatakan pembagian masker gratis ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak dari asap akibat karhutla. Dengan harapan agar warga yang beraktiivitas di luar ruangan bisa terhindar dari penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

BACA : Bagi 4000 Masker Gratis, ACT Kalsel Komitmen Tangani Dampak Karhutla

Rumah Zakat Action akan kembali  membagikan 1.500 masker, pada  Sabtu (21/9/2019) dilanjutkan keesokkan hari dengan peringatan World Cleanup Day, Kota Palangka Raya.

Sehari sebelumnya, Tim Rumah Zakat Action ikut membantu memadamkan sisa api Karhutla di Jalan Trans Kalimantan. Kebakaran lahan berada persis di belakang perumahan warga, merupakan sisa dari lahan yang sudah terbakar beberapa hari yang lalu.

“Kita melakukan pemadaman dan pembasahan pada lahan yang sebelumnya belum padam dengan sempurna. Lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga, jika ini dibiarkan sangat mebahayakan,” tuturnya.

BACA JUGA : Waspada Penderita Asma, Ini Tips Sehat Saat Kabut Asap Pekat

Namun sebelum ikut bertugas memadamkan api, tim Rumah Zakat Action melakukan koordinasi dengan posko induk, Pusdalop BPBD Kalimantan Tengah dan mendapat tugas di pos lapangan (poslap) 1 yang berada di Jalan Adonis Samad, Bundaran Burung, Kota Palangka Raya. (jejakrekam)

 

 

 

Penulis Tiva
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.