ACT

Andalkan Produk Lokal, 93 Wirausahawan Ramaikan Banjarmasin Expo 2019

0 54

BANGGA dengan produk lokal. Kesan ini ingin diangkat Pemkot Banjarmasin dalam gelaran Banjarmasin Expo 2019 sejak 20-25 September 2019 di kawasan Menara Pandang, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin. Sedikitnya, ada 92 wirausahawan baru mengikuti pameran rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493.

BANJARMASIN Expo 2019 dibuka resmi Wakil Walikota Hermansyah pada Jumat (20/9/2019) ini, beragam produk unggulan lokal disuguhkan. Utamanya, produk andalan dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah berupa aneka makanan hingga kain sasirangan.

“Banjarmasin Expo 2019 ini untuk mempromosikan berbagai produk daerah. Dengan memperkenalkan budaya daerah dan beraneka macam produk khas, bisa merangsang pasar untuk membeli produk lokal,” ucap Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperindag) Kota Banjarmasin, Lili Dwiyanti kepada jejakrekam.com, Sabtu (21/9/2019).

BACA : Abdul Khair cs Berdayakan Sasirangan Ramah Lingkungan

Menurut dia, posisi Banjarmasin sebagai kota dagang dan transit wilayah provinsi tetangga, seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah membuka pangsa pasar sendiri bagi produk andalan daerah.

Lili mengatakan untuk menopang peluang bisnis itu maka perlupembenahan sarana dan prasarana dalam bidang perekonomian dengan baik. Dampaknya, persaingan usaha bisa berjalan lebih sehat.

“Jadi, kita tidak hanya jadi objek bisnis luar negeri, tapi wirausahawan lokal bisa menjadi pemain andal. Dalam Banjarmasin Expo 2019 ini, kami menargetkan daya beli masyarakat bisa terus meningkat sekaligus menjadi ajang hiburan alternatif bagi pengunjung Siring Tendean,” paparnya.

BACA JUGA : Sasirangan Tak Sekadar Kain, Hawa Desain Jadi Busana Trendy Kekinian

Menurut Lili, tak hanya diikuti para wirausahawan, ada pula stan dibuka badan usaha milik daerah (BUMD) dan SKPD di lingkungan Pemkot Banjarmasin.

“Untuk pelaksanaan Banjarmasin Expo 2019 ini, ada tiga dinas yang keroyokan menggelarnya. Bukan hanya Diperindag, namun juga melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Targetnya, agar makin banyak transaksi tercipta dalam pameran aneka produk ini,” imbuhnya.

BACA LAGI : Perancang Busana Nabil Salim Pesan Pengrajin Sasirangan Berani Berkreasi

Yuliani, pemilik stan Rose Sasirangan di Banjarmasin Expo 2019 mengatakan selama ini produk kain sasirangan hanya dibuka di tokonya, Kampung Sasirangan Jalan Seberang Masjid, Banjarmasin.

“Dengan memamerkan produk andalan kami, ternyata banyak pesanan datang dari warga Tanah Bumbu dan Kotabaru. Seperti, baju kaos dan jilbab bermotif sasirangan,” ucap Yuliani.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.