Sumur Bor untuk Antisipasi Karhutla Gagal, Proyek Siapa?

SEJUMLAH sumur bor di sekitar Guntung Damar, Banjarbaru tidak mengeluarkan air atau tidak berfungsi. Padahal sumur bor yang dibangun bertujuan untuk membasahi lahan di musim kemarau  agar tidak mudah terbakar (Karhutla).

ADA pemandangan yang cukup lucu, yakni ada lebih 10 sumur bor ditemukan di sekitar area karhutla, Guntung Damar, Banjarbaru, tetapi tidak berfungsi. Sejumlah prajurit satgas karhutla yang sedang berupaya memadamkan kebakaran tidak bisa menggunakan sumur bor, karena tidak ada airnya tidak keluar.

Karena sumur bor tidak bisa digunakan, maka sumur bor tersebut hanya menjadi bahan tertawaan dan geleng kepala ketika melihatnya. Karena itu, sejumlah Satgas Karhutla terpaksa harus membentang pipa air (selang air) panjang agar bisa menyiram lahan yang sedang terbakar.

BACA: 2018, TRGD Realisasikan Sumur Bor Rp 26 Miliar

Terkait hal ini Koordinator Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono mengatakan, ia memang mengetahui ada sejumlah sumur bor yang dibangun dan tidak berfungsi di sekitar Kelurahan Syamsudin Noor tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada yang mengakui, bahwa proyek gagal tersebut mereka.

“Bahkan Badan Restorasi Gambut RI sudah secara resmi menyampaikan, bahwa proyek sumur bor gagal tersebut bukan pekerjaan mereka,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news and updates delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time