PDIP-Golkar-Gerindra Berbagi Jatah Alat Kelengkapan DPRD Tanbu

0

USAI pimpinan DPRD Tanah Bumbu periode 2019-2024 denifitif ditandai dengan prosesi pelantikan dalam rapat paripurna istimewa di gedung dewan, Batulicin, Rabu (18/9/2019), kini alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya telah terbentuk.

POLITISI gaek PDIP H Supiansyah ZA pun kembali menduduki posisi Ketua DPRD Tanah Bumbu (Tanbu). Dia didampingi Wakil Ketua DPRD dari Partai Gerindra dan Golkar, HM Alpiya Rakhman dan Agoes Rakhmady.

Pelantikan pimpinan dewan ini setelah ketiganya mengantongi  surat keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Selatan nomor 188.44/0758/KUM/2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu priode 2019-2024.

Menariknya, usai tiga pimpinan DPRD Tanah Bumbu dilantik, perebutan kursi pimpinan di AKD cukup hangat. Ada 32 anggota DPRD Tanah Bumbu pun memecah diri ke tiga komisi dan badan atau panitia yang ada di dewan.

BACA : DPRD Kalsel Dorong Tiga Pemda Realisasikan Jembatan Pulau Laut

Untuk Komisi I DPRD Tanah Bumbu menjadi jatah Fraksi PKB dengan mengutus H Basaluddin Salem sebagai ketua, didampingi Andi Erwin Prasetya (FPDIP) dan Sayono dari Gerindra di posisi sekretaris.

Sedangkan, Ketua Komisi II DPRD Tanah Bumbu ditempati wakil dari Fraksi Golkar, H Sayid Umar Al Idrus, didampingi I Wayan Sudarma sebagai wakil ketua dan sekretaris, Hj Hamsiah dari Fraksi PAN.

Sementara, Komisi II DPRD Tanah Bumbu sebagai ketua diduduki Andrean Atma Maulani dari Fraksi PDIP. Lagi-lagi, Golkar dan Gerindra berbagi posisi wakil ketua dan sekretaris, yakni Andi Asdar Wijaya dan Said Ismail Kholil Al Idrus.

Untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Tanah Bumbu dipegang Andi Erwin Prasetyan dari Fraksi PDIP dengan wakil ketua dari Fraksi Gerindra, Dading Kalbuadi. Berbeda Badan Anggaran (Banggar) langsung dipegang tiga unsur pimpinan dewan, dengan ketua kelompok kerja Parman (FPDIP), dan I Wayan Sudarma sebagai wakil ketua  pokja.

BACA JUGA : PDIP Kuasai Tanah Bumbu, Ini Perkiraan 35 Wakil Rakyat Terpilih Pemilu 2019

Dalam mengawal kinerja, etika dan supremasi lembaga di Badan Kehormatan (BK) DPRD Tanah Bumbu, posisi ketua diduduki H Abdul Kadir (ketua) dari Fraksi PDIP dan Sayono sebagai wakil ketua (Fraksi Gerindra), denga anggota; Hj Hamsiah (PAN), H Jumron (Golkar), dan H Basaludin Salem (PKB).

Usai pelantikan pimpinan DPRD Tanah Bumbu, Bupati H Sudian Noor pun berharap agar dewan bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi-misi bangunan daerah ini.

Bagi Bupati Tanah Bumbu ini, sangat penting bagi kedua lembaga pemerintahan daerah untuk menjaga kesejajaran, keseimbangan, kebersamaan dan kemitraan.

“Utamanya, dalam  menerjemahkan segala kebutuhan dan tuntutan masyarakat ke dalam berbagai kebijakan publik. Demi kemajuan pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Laporan Tim
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.